Dari AirTag Hingga iPhone Baru, Ini Produk Apple yang Baru Dirilis

Sumber: Google

Sumber: Google

Like

Apple dikenal dengan inovasi, gaya hidup dan produknya yang simple. Tiap tahun, apple biasanya mengeluarkan produk baru dengan inovasi baru.

Tahun ini, Apple merilis beberapa produk baru yang kebanyakan rilis bulan April dan Mei. Beberapa produk tersebut telah dikenalkan pada acara Apple Spring Loaded yang disiarkan pada 20 April dini hari waktu indonesia. 

Misalnya saja, perangkat anti maling, AirTag hingga varian warna baru ungu untuk iPhone 12. Atau chip M1 yang telah mendukung kinerja iMacs dan iPad Pro.

Lantaran masih terdampak pandemi corona, keberlangsungan acara itu masih dilakukan secara virtual melalui situs resmi Apple, aplikasi Apple TV, dan kanal YouTube Apple. 
Lalu, apa saja produk baru Apple?
 

Air Tag

 

Sumber: Google

Sumber: Google

Apple meluncurkan pelacak barang yang disebut AirTag. Produk ini cocok sekali buat orang orang yang suka lupa menyimpan barang atau demi keamanan barang barang penting. Perangkat ini bisa disimpan atau diselipkan ke barang tertentu seperti tas, dompet, kunci, dan kita bisa melacak barang tersebut dengan aplikasi Find My. 


Baca Juga: iPad Pros Enggak Bakal Dilengkapi U1 Locators, Apple Bakal Andalkan AirTags?

AirTag berbentuk keping kecil yang mencakup speaker internal, akselerometer, Bluetooth LE, dan baterai yang dapat diganti pengguna. AirTag diketahui tidak menggunakan baterai yang bisa diisi ulang. Pengguna harus mengganti baterai jika habis.

AirTag dijual satuan dengan harga US$29 (Rp421 Ribu) per unit dan US$99 (Rp1,4 jutaan) untuk pembelian satu paket yang terdiri dari 4 unit sekaligus. AirTag bakal benar-benar dijual ke konsumen pada 30 April 2021.

 

iMac 24 inci Warna-Warni 

 

Sumber: Google

Sumber: Google

Apple resmi luncurkan iMac baru yang menggunakan prosesor chip buatan sendiri, M1. Kali ini layar iMac yang baru lebih ramping chip menggunakan Apple Silicon, dan casing dengan warna cerah.

Yang menarik, warna-warna yang tersedia yakni hijau, kuning, merah muda, oranye, biru, ungu, dan perak. Beberapa warna diklaim hanya akan tersedia dalam model tertinggi.

IMac baru itu memiliki layar 24 inch dengan kualitas gambar diklaim mencapai 4,5K. Perangkat itu juga memiliki kamera FaceTime 1080p, juga Keyboard yang sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari Touch ID.

Model entry-level dijual US$1299 (Rp18,9 jutaan) sementara versi upgrade dibanderol US$1499 (Rp21,8 jutaan). Pre-order akan dimulai 30 April dan pengiriman dilakukan paruh kedua Mei.

 

iPad Pro

 

Sumber: Google

Sumber: Google

M1 juga disematkan pada iPad Pro yang baru ini. Apple mengklaim perubahan pada prosesr itu memberikan peningkatan kinerja hingga 50 persen jika dibandingan dengan iPad Pro sebelumnya.

iPad Pro terbaru menggunakan 8-core GPU / 8-core CPU. Menariknya, iPad Pro terbaru juga sudah mendukung 5G. Kemudian Thunderbolt dan USB 4 melalui port USB-C.

Sebuah fitur yang disebut Apple "Center Stage" akan secara otomatis menjaga wajah pengguna tetap di tengah bingkai selama panggilan FaceTime, bahkan saat bergerak di sekitar ruangan. Produk ini baru bisa dipesan di Amerika Serikat pada 30 April dan tersedia di pasar pada pekan kedua Mei.

iPad Pro 11 inci akan dijual mulai dari US$799 (Rp11,6 jutaan) dan US$1099 (Rp15,9 jutaan) untuk model 12,9 inci. 


 

AppleTV 4k

 

Sumber: Google

Sumber: Google

Apple mengumumkan pembaruan besar untuk Apple TV 4K yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2017. Pembaruan itu antara lain Apple TV 4K terbaru didukung chip A12 Bionic Apple yang digunakan juga pada lini iPhone XS, XS Max, dan XR. 

Konsumen dapat menggunakan iPhone untuk mengkalibrasi gambar. Kalibarasi cukup dengan meletakkan kamera depan iPhone di dekat TV, dan Apple TV 4K akan secara otomatis mengoptimalkan keluaran warna / kontrasnya sendiri. Selain itu, Apple TV 4K juga didukung dengan pemutaran kualitas Dolby Vision 60 fps melalui AirPlay dari iPhone yang kompatibel.

Apple juga melakukan desain ulang pada remote Apple TV. Apple tampak mengubah remote touchpad, menjadi clickpad lima arah lengkap dengan roda gulir seperti iPod. Ada tombol Siri di samping jika ingin berbicara dengan TV saat tidak ingin menekan tombol.

Harganya dijual mulai dari US$179 untuk penyimpanan 32GB. Pemesanan bisa dilakukan mulai 30 April dan dijual pada paruh kedua bulan Mei.

 

iPhone 12 Ungu

 

Sumber: Google

Sumber: Google

Selain itu, Apple mengeluarkan produk iPhone baru. Bukan iPhone 13, namun warna baru untuk iPhone 12 dan iPhone 12 mini, yakni ungu.

Sebelumnya, atau tepatnya ketika diluncurkan pada september tahun lalu, jajaran iPhone 12 dan 12 Mini hadir dalam lima varian warna yakni hitam, putih, merah, hijau, dan biru. iPhone 12 ungu akan tersedia pada 30 April.

Mana produk terbaru Apple yang jadi incaran kamu?