Heboh Platform Streaming TV Roku Bersitegang dengan Youtube TV, Kenapa Sih?

Roku VS Youtube TV Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Roku VS Youtube TV Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Ternyata, enggak cuma platform video on demand doang nih yang bersaing sengit, pemain streaming TV kayak Roku dan Youtube TV juga kabarnya lagi bersitegang lho! Kenapa ya?

Dikabarkan New York Times, Roku mengatakan kalau pihaknya bisa membuat aplikasi YouTube TV milik Google keluar dari platform streaming videonya nih, Be-emers.

Hal itu dilakukan setelah pihak Roku menuduh permintaan Google, yang notabene menaungi Youtube, enggak adil untuk aplikasi Youtube dan Youtube TV yang ada di platform Roku.

Baca Juga: Persaingan Netflix, Disney+, dan Amazon di Ranah Streaming Makin Panas, Mana yang Paling Diminati?

 

Google Istimewakan Youtube TV, Roku Mengeluh

Jadi beberapa waktu lalu, pihak Google diketahui meminta adanya “perlakuan istimewa” untuk layanan YouTube TV dan aplikasi YouTube sendiri yang ada di perangkat Roku.


Buat kamu yang belum tahu, Roku sendiri merupakan digital media players, yang mana juga menawarkan akses ke konten media streaming dari berbagai layanan online lainnya.

Diketahui, sebagai syarat untuk membawa YouTube TV, pihak Google pun telah meminta Roku untuk membuat baris hasil pencarian khusus untuk YouTube di Smart Tv Roku. Enggak cuma itu, pihak Roku juga diminta memberikan hasil pencarian YouTube, yang mana menurut Roku hal itu belum dibagikan datanya.

Bahkan, pihak Roku juga mengeluh kalau Google terlalu demanding. Misalnya, pihak Google menuntut jika pelanggan menggunakan aplikasi YouTube-nya dan menelusuri "The Croods", hanya hasil dari YouTube TV lah yang akan muncul di perangkat Roku.

Selain itu, Roku mengatakan bahwa Google ingin menyetujui spesifikasi perangkat keras untuk YouTube TV. Hal itu dinilai Roku, bakal meningkatkan biaya untuk membuat kotak perangkat Roku dan justru berpotensi bikin perangkat streaming Google sendiri cuan dengan harga yang dinilai enggak adil.

Menurut Roku, pihaknya enggak bisa menyetujui istilah yang akan memanipulasi hasil pencarian konsumen, meningkatkan harga produknya, dan melanggar praktik data industri yang sudah matang.

 

Roku VS Youtube TV Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Roku VS Youtube TV Illustration Web Bisnis Muda - Canva

 

Respon Google Terhadap Roku

Menurut perwakilan Youtube TV, pihaknya mengaku telah bekerja sama dengan Roku dengan niat baik untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan penonton dan pelanggan Roku maupun Youtube.

Pihak Youtube malah menyayangkan sikap Roku yang dinilai sering menggunakan jenis “taktik” seperti ini dalam negosiasi lho! Bahkan, Youtube merasa kecewa karena Roku lebih memilih untuk membuat klaim yang enggak berdasar di saat negosiasi masih berlangsung.

Youtube dan Google mengaku, pihaknya hanya ingin semua urusannya dengan Roku difokuskan untuk memastikan kualitas tinggi dan pengalaman yang konsisten bagi pemirsa. Soalnya, Google sama sekali enggak membuat permintaan untuk mengakses data pengguna atau mengganggu hasil pencarian.

“We hope we can resolve this for the sake of our mutual users.” -Youtube


Baca Juga: Ini 5 Film Pendek Pixar yang Bisa Ditonton Gratis di Youtube