Di Balik Kepemimpinan David White dalam Industri Hiburan Hollywood

David White SAG Hollywood Illustration Web Bisnis Muda - Pinterest

David White SAG Hollywood Illustration Web Bisnis Muda - Pinterest

Like

Hollywood memang mencetak banyak bintang dan aktor kelas dunia. Di balik itu, ada sosok David White yang memimpin industri hiburan Hollywood lho, Be-emers.

Lebih tepatnya, Davide White merupakan seorang Direktur Eksekutif Nasional dari SAG-AFTRA atau Screen Actors Guild - American Federation of Television and Radio Artists.

SAG-AFTRA yang eksis sejak Maret 2012 tersebut merupakan serikat pekerja Amerika yang mewakili sekitar 160.000 aktor film dan televisi, jurnalis, tokoh radio, artis rekaman, penyanyi, pengisi suara, pemberi pengaruh internet, model fesyen, hingga profesional media lainnya di seluruh dunia!

Jadi, enggak cuma aktor, David pun memfasilitasi para pekerja industri media dan hiburan lainya nih. David yang juga seorang pengacara tersebut, telah menjalankan SAG-AFTRA sekaligus menjadi negosiator utamanya.
 

David White Terinspirasi Sang Ibu

David kecil justru berharap dia akan menjadi pemain sepak bola profesional suatu hari nanti. Namun, pria yang besar di Kansas City tersebut justru akhirnya memutuskan ingin menjadi pegawai negeri sebagai gantinya.

Dilansir Wall Street Journal (WSJ), David White mengaku mendapat inspirasi dari ibunya, yang merupakan seorang manajer personalia pemerintah daerah dan sangat terlibat dalam kelompok masyarakat yang melayani keluarga.


David White kemudian mengambil jurusan ilmu politik di Grinnell College. Pintar dalam akademis, memberinya kesempatan untuk mendapat beasiswa Rhodes yang bergengsi setelah lulus.

Hingga saat David belajar filsafat di Universitas Oxford, ia mengalami pencerahan tentang tujuan pribadinya. David muda menyimpulkan bahwa yang diinginkannya hanya untuk berkontribusi pada perkembangan kehidupan manusia.

Sebelum melanjutkan studi hukum di Universitas Stanford pada tahun 1997, David sempat memimpin Youth Opportunities Unlimited Inc., sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Kansas City lho. Be-emers.

David yang resmi jadi pengacara kemudian bergabung dengan O'Melveny & Myers LLP, yang mana dia mengkhususkan diri dalam hukum ketenagakerjaan dan ketenagakerjaan. Firma hukum itu pun menugaskan SAG sebagai salah satu klien awalnya.

Tepatnya di tahun 2002, SAG merupakan eksekutif serikat pekerja yang pernah menjadi mitra di O’Melveny & Myers. Hingga pada 2009, David yang sempat resign dan meluncurkan konsultasi industri hiburan itu pun akhirnya kembali ke serikat sebagai direktur eksekutif.

Apalagi, setelah SAG dan AFTRA merger, David White pun mempertahankan posisinya di sana.

 

David White SAG Hollywood Illustration Web Bisnis Muda - Canva

David White SAG Hollywood Illustration Web Bisnis Muda - Canva

 

Memberhentikan Rekan Kerja Adalah Hal Sulit bagi David White

Pandemi Covid-19 memang membawa tekanan yang cukup signifikan di industri hiburan. Bahkan, banyak pekerja media dan industri hiburan yang terpaksa jobless.

Makanya, David White mengatakan bahwa dia merasa tidak enak ketika dia harus memecat sepertiga stafnya di serikat hiburan terbesar dunia itu pada tahun 2020. Baginya, memberhentikan 200 rekan kerja karena pandemi adalah salah satu hal tersulit yang pernah ia lakukan dalam kariernya.

Bahkan, David sempat diketahui mencari dukungan dari kontak profesional dan orang lain saat dia berjuang dengan kecemasan karena melepaskan begitu banyak karyawan. Dia juga mencoba membantu anggota serikat pekerja yang menganggur karena perlambatan industri hiburan lho!

Salah satunya, yakni dengan mengadakan webinar guna mengajari beberapa anggota untuk menyiapkan peralatan di rumah, sehingga mereka bisa merekam audiobook atau konten lainnya.

Adapun, diketahui, sekitar 75 persen anggota SAG-AFTRA menganggur pada awal Maret. Meski begitu, David White menilai, hal itu akan turun di bawah 40 persen pada Maret 2022 karena bakal lebih banyak film dan produksi TV yang dilanjutkan.