Pertamina Mau IPO? Ini Jejak Rencananya sejak 2010

Sumber Gambar : www.pertamina.com

Sumber Gambar : www.pertamina.com

Lagi-lagi, rencana anak usaha hulu migas Pertamina, PT Pertamina Hulu Energi (PHE), melantai di bursa saham kembali mencuat. Artinya, akan ada emiten berkapitalisasi besar baru yang masuk ke bursa Indonesia.

Enggak heran, rencana ini jadi hal yang dinantikan banyak orang. Kamu juga menanti-nanti enggak nih?

Baca Juga: Pertamina Naikkan Harga BBM di Sumut, Ini Penyebab dan Dampaknya
 

Bukan Pertama kali Berencana IPO

Meski begitu ini bukan pertama kalinya PHE mengumumkan rencananya untuk IPO. Di tahun 2010, PHE sempat berencana melepas 20 persen saham milik anak usahanya. Saat itu, perusahaan berharap bisa mendapatkan dana Rp 10 triliun untuk ekspansi bisnis di dalam dan di luar negri.

Namun, banyak pihak yang justru menolak rencana tersebut. Soalnya, IPO PHE dikhawatirkan akan mengulang kasus PT.Indosat Tbk tahun 1994, yang mengakibatkan saham Indosat kini dikuasai asing. 

Selain itu pihak DPR menilai, jika saham dikuasai asing, control pemerintah terhadap Pertamina akan melemah. Akibatnya, pemerintah akan sulit mengatur harga minyak dan gas hasil produksi PHE.

Rencana IPO ini di tunda hingga 2011, dan tidak terdengar kabar apapun soal kelanjutannya.

Di tahun 2020, rencana ini baru kembali mencuat sebagai inisiatif dari Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membuat perusahaan asing lebih berkembang.

Meski begitu, rencana IPO PHE kali ini kembali dihadang tudingan pravatisasi atau menjual asset negara kepada pemegang saham lainnya.

Namun, isu ini langsung dibantah Dirut Pertamina Nicke Widyawati. Menurutnya, melantai di bursa bukan berarti asset negara harus dijual. Soalnya, PHE hanya sebatas mengelola ladang minyak yang merupakan asset negara.

Rencana Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk melepas perusahaan-perusahaan BUMN dan anak usahanya ke pasar modal tampaknya sudah cukup matang.

Berdasarkan data Kementerian BUMN, sudah ada rencana 14 perusahaan yang akan melantai hingga beberapa tahun ke depan, lewat mekanisme penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO).

Ini artinya, akan ada emiten berkapitalisasi besar baru yang masuk ke bursa Indonesia. Salah satu yang namanya tercantum dalam daftar adalah anak usaha hulu migas Pertamina, PT Pertamina Hulu Energi (PHE).

Meski begitu, ini bukan pertama kalinya PHE mengumumkan rencananya untuk IPO.

Kira-kira, berapa ya harga IPOnya PHE kalau kali ini beneran jadi?