Ini Alasan Wanita Jangan Takut Memulai Usaha

Bisnis Muda
Like

Siapa yang enggak kenal sama Susi Pudjiastuti? Selain terkenal lewat kata-kata andalannya, “tenggelamkan!”, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu juga seorang pebisnis. Bahkan, sebelum menjadi menteri, Susi sudah lebih dulu menggeluti dunia usaha. Dari mulai jadi pedagang pengepul ikan di tahun 1983 di Jawa Barat, hingga punya perusahaan penerbangan bernama Susi Air.

Apa yang ditekuni Susi Pudjiastuti itu, ternyata menginspirasi kita kalau kaum hawa juga bisa untuk sukses dalam berbisnis. Yah tapi wajar sih, namanya juga ingin memulai sesuatu yang baru, pasti ada rasa ragu kan? Nah makanya, ini dia alasan agar Be-emers, teutama buat kaum hawa, buat jangan takut untuk memulai usaha.

Waktu yang Fleksibel

Kalau hari ini masih ada yang bilang kaum hawa cocoknya di rumah aja, jangan langsung tersinggung atau marah ya, Be-emers. Soalnya, zaman sekarang, cewek juga bisa menghasilkan uang dan berbisnis dari rumah lho! Bahkan, bisa sambil liburan atau lagi belanja juga. Wuih, asyik!

Menurut riset Future of Business yang dihimpun oleh Facebook, World Bank, dan OECD, dikutip dari Bisnis.com, 29% pebisnis di Indonesia adalah perempuan. Yang bikin sumringah, 28%-nya memulai usaha atau bisnis karena punya waktu yang fleksibel.


Di zaman yang serba simple dan berbasis teknologi, justru jadi semakin mempermudah langkah perempuan dalam menjalani usaha apapun. Sebuah riset yang dilakukan oleh Profesor Laws dari University of Hertfordshire, Inggris, menunjukkan bahwa perempuan lebih unggul dalam hal multitasking. Hal itu dapat dilihat dari cara perempuan menghabiskan waktu untuk berpikir di awal saat mendapat masalah atau tekanan.

Banyak Peluang

Selain diyakini bisa multitasking dan lebih fleksibel, faktor pendukung lainnya adalah banyaknya peluang bisnis yang bisa dilakukan oleh perempuan. Ini bukan semata-mata karena wanita dinilai lebih bisa masak dan dandan daripada kaum adam lho ya. Soalnya, koki atau chef bahkan make up artist pun banyak dijadikan profesi sama cowok-cowok.

Peluang yang dimaksud yaitu adanya kesempatan untuk mengembangkan bakat atau keahlian serta ide kreatif. Salah satunya adalah memanfaatkan media sosial. Be-emers yang punya ide kreatif dan tertarik bikin konten, bisa juga lho mencoba bisnis sebagai content creator. Kali aja jadi bisa banyak iklan atau endorsement yang bisa jadi pemasukan.

Seperti yang dilakukan oleh Beauty Vlogger terkenal asal Vietnam bernama Michelle Phan. Dilansir dari Bisnis.com, Phan sudah memulai aktivitasnya sebagai pembuat konten di YouTube dengan mendirikan kanal sejak 2006. Jauh sebelum video tutorial make up dan beauty influencer menjamur kayak sekarang, Phan sudah bisa melihat peluang bisnis yang bagus lewat hobi, kreativitas, dan ketekunannya.

Mandiri Secara Finansial

Apa-apa tinggal beli pakai uang sendiri, belanja enggak perlu pusing, investasi punya, tabungan juga aman. Siapa sih yang enggak mau mandiri secara finansial?

Kalau Be-emers bisa memanfaatkan peluang bisnis yang ada, besar kemungkinan Be-emers juga akan mendapatkan pemasukan tambahan. Jadi, Be-emers juga jadi lebih bisa secara independen mengelola bisnis atau usaha untuk bekal di masa depan.