Hobi Fotografi? Ini Peluang Cuan yang Cocok Buat Kamu

Bisnis Muda
Like

Perancis jadi tempat lahirnya fotografi di abad ke-19. Saat itu, tepatnya tahun 1839, fotografi secara resmi dinyatakan sebagai sebuah terobosan teknologi dengan hasil dua dimensi seperti yang dilihat oleh mata. Seiring perkembangan zaman, fotografi yang kita kenal sekarang sudah berkembang pesat dengan aneka jenis atau teknik beserta perlengkapan pendukungnya.

Makanya, sekarang enggak cuma fotografer profesional aja nih yang bisa meraih cuan dari fotografi. Be-emers yang sekadar punya hobi fotografi juga bisa memanfaatkan peluang cuan dari hobi tersebut lho.

Kira-kira apa saja ya peluang cuan dari hobi fotografi?

Jasa Foto Wisuda

Ada istilah kalau “Memotret teman hasilnya lebih bagus daripada dipotret teman,”. Kalau Be-emers sepakat sama istilah itu dan kebetulan sering banget diminta tolong buat jadi ‘fotografer dadakan’, ini saatnya buat membuka peluang cuan.


Salah satunya, Be-emers bisa memulai untuk menyediakan jasa foto wisuda. Ini adalah peluang bisnis fotografi musiman tapi enggak pernah sepi peminat. Selain pernikahan, wisuda atau kelulusan juga jadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu dan spesial banget dalam hidup seseorang lho. Makanya, enggak heran kalau momen ini tentunya perlu diabadikan dalam sebuah foto.

Harga teman boleh lah buat mancing cuan. Tapi kalau gratis, hmm coba Be-emers pikir ulang lagi ya. hehe. Nah, biar tetap banyak peminat tapi enggak boncos, Be-emers bisa juga kasih paket promo.

Seperti  yang dilakukan sama King Foto Indonesia. Dilansir dari Bisnis.com, hal itu dilakukan buat menangkap pelanggan yang banyak. Be-emers paham lah yaa, namanya juga mahasiswa, pasti suka yang promo-promo gini nih.

Fotografer Khusus Makanan

Hari gini, kalau habis pesan makan, enggak apdol rasanya kalau enggak difoto terus upload ke media sosial. Makanan memang punya daya tarik tersendiri buat jadi objek foto. Makanya sampai ada profesi fotografer khusus makanan lho, Be-emers.

Sebagai salah satu hal yang bisa dipelajari secara otodidak, fotografi ternyata juga butuh treatment khusus nih biar hasilnya ciamik. Apalagi objeknya makanan, yang mana hasilnya harus terlihat menggiurkan dan eye catching.

Dilansir dari Harian Bisnis Indonesia, menurut salah satu fotografer kuliner bernama Sefa Firdaus, buat menekuni profesi ini butuh ketekunan banget. Misalnya, Be-emers harus suka banget sama makanan. Nah dari situ, kita jadi bisa menonjolkan keunggulan dari makannya.

Enggak hanya itu, kita juga harus bisa kasih perlakuan yang berbeda ke setiap makanan, kayak dikasih garnish dan sebagainya. Nah, buat dapat angle yang tepat, Be-emers juga harus paham soal rasa dan bahan-bahan yang dipakai.