Memaknai Kehidupan dan Kematian melalui Drama Move To Heaven

Move To Heaven Trailer ( sumber : youtube Netflix Indonesia )

Move To Heaven Trailer ( sumber : youtube Netflix Indonesia )

Like

Kisah mengenai penyandang autisme memang sudah sering diangkat di berbagai film. Meski sudah umum, rasanya drama Move To Heaven sangat layak untuk anda saksikan. Pasalnya, selain karakter pengidap sindrom, drama ini memiliki cerita yang unik.

Drama sentimental bertema keluarga yang ditulis oleh Yoon Ji Ryun ini merupakan adaptasi dari sebuah esai non-fiktif berdasarkan kisah nyata berjudul “Things Left Behind” karya Kim Sae-byul, salah satu pembersih trauma di Korea Selatan.

Berbeda dengan drama korea pada umumnya, Move To Heaven hadir dengan durasi 10 episode. Diproduksi oleh Number Three Pictures dan Page One Film, Drama ini didistribusikan di platform streaming Netflix pada 14 Mei lalu.

Tak lama setelah perilisannya, serial original Netflix ini langsung berhasil memikat penonton bahkan ramai dibicarakan oleh netizen Twitter. Bahkan, dalam situs mydramalist, Move To Heaven mendapat rating 9.1/10 dari penonton.
 

Sinopsis Drama Move To Heaven

Mengisahkan tentang seorang anak penyandang sindrom asperger bernama Han Geu-ru (Tang Joon Sang) yang menjalankan bisnis penghapus trauma bernama ‘Move To Heaven” bersama sang ayah, Han Jeong-woo (Ji Jin Hee).

Penghapusan trauma sejatinya pekerjaan pembersihan TKP milik orang yang sudah meninggal. Bukan mengurus sang mayat, mereka membersihkan tempat lokasi kematian. Mungkin terdengar asing, mengingat bahwa di Indonesia bisnis tersebut tidak umum dijalankan. 


Ketika Ayah Geu-ru meninggal, Geu-ru melanjutkan bisnis ayahnya bersama sang paman yang tak pernah dikenalnya, Cho Sang-gu (Lee Je Hoon). Tinggal bersama dan menjadi partner kerja, mulanya Sang-gu dan Geu-ru bagai bumi dan langit.

Khawatir akan keadaan Geu-ru yang sulit beradaptasi dengan ketiadaan ayahnya dan kehadiran pamannya, teman dekatnya Yoon Na-mu (Hong Seung-Hee) ikut bergabung dengan bisnis “Move To Heaven” dan membersihkan trauma para pelanggan mereka.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Web yang Dinilai Asyik buat Streaming Drama Korea
 

Review Drama Move To Heaven

Memberi pelayanan pada berbagai “pelanggan” berbeda di setiap episodenya, Move To Heaven mampu membuat penonton ikut terlarut dalam kisah heartwarming yang terungkap dari masing-masing pelanggan.
 
Tak hanya pengungkapan kisah dibalik setiap mayat, rasa empati penonton juga akan tergugah oleh kisah dari para karakter utama drama arahan sutradara Kim Sung-ho ini. 

Sindrom Asperger yang diidap tokoh Geu-ru juga turut menjadikan drama ini unik. Pasalnya, sebagai pengidap sindrom Asperger, karakter Geu-ru memiliki kesulitan dalam berinteraksi sosial serta memiliki keterbatasan dalam memahami komunikasi non verbal (gerak tubuh) dan emosi.

Sehingga, penggabungan antara konsep cerita dan karakter tokoh yang diciptakan menjadi daya tarik drama ini. Tak hanya itu, keterlibatan aktor yang sedang naik daun, Lee Je Hoon juga membuat orang tergerak untuk menyaksikan Move To Heaven.

Lee Je Hoon yang namanya melejit pasca memerankan drama “Taxi Driver” begitu totalitas berperan sebagai Sang-gu, petarung jalanan dan mantan narapidana. Selain itu, aktor muda Tang Joon-Sang juga patut diapresiasi karena berhasil memerankan penyandang sindrom.

Cinematography yang ditampilkan dalam drama ini juga sangat ciamik. Para penonton bahkan terpana dengan opening scene dari setiap episode Move To Heaven. Drama ini mampu memanjakan mata anda, meski kisahnya begitu mengharukan dan mengundang air mata.

Berbagai bintang ternama juga didapuk menjadi cameo dalam drama ini. Salah satunya Hongseok PENTAGON yang berhasil mencuri perhatian penonton melalui perannya sebagai polisi muda.

Selalu ada pelajaran yang dapat dipetik dari setiap kisah mereka yang “telah pergi”.


Kurang lebih, itulah kesimpulan dari drama Move To Heaven ini. Tak hanya mengajarkan untuk mensyukuri keberadaan orang terkasih saat masih hidup, namun juga bagaimana orang yang ditinggalkan memaknai kepergian mereka. 

Drama yang penuh makna itu dikemas dengan cinematography yang ciamik serta dilengkapi dengan para aktor berbakat di dalamnya. Move To Heaven menawarkan paket komplit untuk para pecinta film yang sangat sayang bila dilewatkan.

Siapkan tisu dan kompresan ya, karena kisahnya bakal bikin mata sembab nih!