Penting Enggak sih Market Trend dalam Bisnis?

Market Trend untuk Bisnis Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Market Trend untuk Bisnis Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Tren dalam berbisnis sering bikin galau para pelaku usaha. Nah, sebenarnya, penting enggak sih mengikuti market trend dalam bisnis?

Market Trend alias tren pasar tentunya berubah-ubah setiap waktu. Tren pasar pun cenderung dipengaruhi oleh perilaku konsumen lho, Be-emers.

Misalnya, banyak konsumen yang gemar minum kopi. Kemudian, bermunculan kedai-kedai kopi kekinian yang ingin menangkap peluang dari tren pasar tersebut.

Baca Juga: Tuker-Tukeran Saham jadi Tren Pacaran ala Korea Selatan
 

Mengikuti Tren untuk Peningkatan Bisnis

Kadang, dengan menjadi berbeda, kita bisa diperhatikan oleh banyak orang. Namun, dilansir dari Pawoon, kamu enggak bisa mengalahkan tren tanpa mengikuti tren itu sendiri lho!

Soalnya, para konsumen umumnya bakal selalu tertarik dan punya perhatian lebih sama hal-hal yang berhubungan dengan perkembangan tren terbaru. Di sisi lain, kamu juga jadi bisa tahu hal atau minat apa yang sedang dilirik para konsumen.


Sebenarnya, enggak masalah juga sih kalau kamu mau memulai bisnis dengan melawan arus tren. Namun, kamu perlu punya nilai lebih untuk bisa menarik perhatian calon konsumen.

Kalau enggak, kamu bisa gagal. Contohnya ya kayak yang dialami Nokia dulu, saat ia enggak memilih tren Android. 

Padahal, saat itu, Android jadi tren dan digunakan oleh para pesaing Nokia, seperti Samsung dan Sony. Nokia justru memilih Windows Phone, dengan harapan bisa lebih menarik minat pasar dengan teknologi yang berbeda.

Hal sebaliknya terjadi pada Samsung, yang kini justru menjadi merek ponsel pintar kedua terbesar yang menguasai pasar Indonesia di kuartal pertama 2021. Berdasarkan data Canalys, Samsung berhasil menguasai 19 persen pasar ponsel pintar di Indonesia.

 

Market Trend untuk Bisnis Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Market Trend untuk Bisnis Illustration Web Bisnis Muda - Canva



Mengikuti tren pun juga harus dengan strategi yang tepat lho, Be-emers. Kalau enggak, kamu bakal gampang “tenggelam” di tengah derasnya tren itu sendiri.

Dikutip dari Anter Aja, kamu bisa mencari produk yang sedang tren dengan cara berikut:
  • Identifikasi usaha yang sedang tren
  • Lihat di Google Trends
  • Riset keyword di Google
  • Melihat tren dari mulut ke mulut

Selain itu, penting juga lho untuk kamu mensiasati pergerakan kompetitor bisnis kamu. Hal itu dilakukan untuk mempersiapkan strategi yang tepat untuk bisnis kamu ke depannya.

Jadi, kamu tetap akan mengikuti tren pasar atau mencoba untuk melawan tren?