Tuker-Tukeran Saham jadi Tren Pacaran ala Korea Selatan

Korean Couple Illustration Web Bisnis Muda - Pinterest

Korean Couple Illustration Web Bisnis Muda - Pinterest

Like

Be-emers, kamu tahu nggak sih, memberi kado untuk pasangan berupa bunga atau boneka sudah ketinggalan zaman banget, lho! Terus, apa sih kado yang pas buat pasangan kamu di zaman sekarang ini? 


Nah, baru-baru ini, banyak pasangan kekasih di Korea Selatan saling memberikan saham blue-chip sebagai hadiah untuk pasangannya. Awalnya, tren tersebut dimulai pada Natal tahun lalu setelah pialang saham Shinhan Investment Corp mendaftarkan “Kartu Hadiah Saham” di toko Kakao Gift pada aplikasi KakaoTalk.
 

KakaoGift Illuistration Web Bisnis Muda - Google

KakaoGift Illuistration Web Bisnis Muda - Google


Hal tersebut terinspirasi oleh kado Natal Kanye West kepada istrinya, Kim Kardashian di tahun 2017 yang berupa saham dari Amazon, Apple, Disney, dan Netflix. Langkah unik ini juga dinilai dapat memudahkan warga Korea Selatan untuk mengakses dan membeli saham.

Selain itu, nggak cuma beli latte atau kopi di Starbucks, KakaoTalk juga memungkinkan calon pengguna untuk membeli saham Starbucks, lho. Kalau kamu punya budget yang lebih besar, kamu bisa membeli saham yang lebih mahal, seperti saham Apple yang dijual dengan harga 25.000 won atau Rp 314 ribu, atau bisa juga membeli saham Tesla seharga 30.000 won yang setara dengan Rp 377 ribu.

Kartu hadiah saham ini menjadi populer sejak Desember tahun lalu dan telah terjual sebanyak 20.000 buah. Pembelinya pun memiliki kisaran usia 20 hingga 30 tahun.

Untuk membeli saham di KakaoTalk, caranya cukup mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Kamu cuma perlu membuat akun perantara, lalu mendaftarkan kode dari kartu hadiah tersebut.

Menurut Straightnews, Kartu Hadiah Saham yang paling populer dan banyak terjual adalah saham Tesla, Apple, Starbucks, dan juga Netflix.

Melihat suksesnya Kartu Hadiah Saham yang diinisiasi oleh Shinhan Investment Corp ini, banyak perusahaan pialang saham lain yang mengikuti jejaknya, salah satunya adalah KB Securities.

Perusahaan KB Securities membuat penawaran serupa dengan harga mulai dari 10.000 won atau setara Rp 125 ribu. Dalam 20 hari pertama setelah peluncuran, perusahaan ini mampu menjual 3,4 juta kartu hadiah, yang mana menghasilkan lebih dari 5 miliar won (Rp 62 miliar).

Kartu hadiah saham yang dibuat oleh KB Securities memungkinkan penerima hadiah untuk mendaftarkan kartu hadiah tersebut ke dalam aplikasi sekuritas dan investasi saham dan dapat digunakan untuk membeli berbagai saham asing, mulai dari Amazon, MGM, hingga Nike.

Salah satu mahasiswa Korea, Jung Seung-Hyun (23), mengatakan kepada Insider, bahwa ia telah memberikan 4 kartu hadiah saham kepada pacarnya sebagai hadiah ulang tahun, yaitu saham Starbucks, Netflix, Apple, dan Tesla. Menurutnya, walaupun hal tersebut bukan kado paling romantis, namun kado tersebut merupakan hal yang berguna, terutama untuk investasi.

Sementara itu, Yang Ga-In (28), salah satu desainer asal Korea mengatakan bahwa ia berencana untuk memberikan kado kartu saham Tesla kepada kekasihnya yang seorang penggemar Elon Musk, untuk ditambahkan ke dalam portofolio sahamnya. Ga-in menganggap bahwa kartu hadiah saham ini merupakan hadiah yang praktis dan sangat tahan lama.