10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Apa Aja Ya?

10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Illustration Web Bisnis Muda - Canva

10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Perusahaan rekrutmen global Michael Page, mengumumkan 10 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia pada tahun 2021 ini.

Mengutip website resmi Michael Page, daftar tersebut terangkum dalam Talent Reports 2021 yang berasal dari survey 420 perusahaan dan 3.420 pekerja di Indonesia.

Walaupun 10 pekerjaan yang masuk dalam daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi itu lebih banyak mencakup pekerjaan senior, setidaknya daftar tersebut bisa merefleksikan sejumlah sektor industri yang masih bersinar selama berlangsungnya pandemi Covid-19.

Baca Juga: Jangan Bingung! Berikut Tips Menentukan Expected Salary Ketika Wawancara Kerja

Nah, berikut ini daftar 10 pekerjaan dengan gaji paling tinggi di Indonesia:

C-Suite

Pastinya, posisi eksekutif di perusahaan selalu muncul dalam daftar teratas dengan gaji tertinggi. Gaji CEO (Chief Executive Officers), CFO (Chief Financial Officers), dan COO (Chief Operating Officers) biasanya berkisar dari Rp 137 juta hingga Rp 250 juta, yang tersebar di sejumlah sektor antara lain properti dan konstruksi, konsumen dan ritel, bisnis dan keuangan, serta industri dan manufaktur.

Head of Finance

Kepala Keuangan biasanya memiliki gaji mulai dari Rp 115 juta. Posisi ini memiliki peran penting dalam mengelola keuangan perusahaan, memetakan budget tiap departemen, melakukan manajemen risiko, mengevaluasi investasi, dan memastikan kegiatan bisnis berjalan dengan lancar.

Country Sales Manager

Country Sales Manager yang termasuk dalam divisi penjualan atau sales merupakan bagian paling penting dari sebuah perusahaan. Country Sales Manager diperkirakan mampu menghasilkan mulai dari Rp 113 juta hingga Rp 175 juta. Namun, kisaran gaji tersebut sangat tergantung dari besarnya perusahaan, volume penjualan, dan industrinya.

Head of Risk

Posisi Head of Risk berperan dalam melindungi perusahaan dari sejumlah risiko, mulai dari risiko finansial hingga risiko kepatuhan. Tiap individu yang ingin menduduki posisi ini, harus memiliki latar belakang pendidikan tertentu dengan kemampuan adaptasi terhadap perubahan regulasi yang juga dinamis. Biasanya, Head of Risk mendapatkan gaji hingga Rp 150 juta.

Marketing Director

Marketing selalu memegang peran penting, terutama dalam mengakuisisi konsumen, meningkatkan brand awareness, dan memacu pangsa pasar. Seseorang yang berada di posisi ini harus memiliki karakter yang inovatif, adaptif, suka mencoba hal baru, dan juga memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Biasanya, gaji seorang Marketing Director berkisar di angka Rp 110 juta hingga Rp 150 juta.

Project Management Director

Posisi Project Management Director adalah posisi manajemen senior yang biasanya bergantung pada seberapa besar industri, proyek, dan banyaknya tim yang harus dikelola. Gaji yang diterima biasanya sebesar Rp 130 juta hingga Rp 140 juta.

Engineering Director

Gaji untuk Engineering Director biasanya berada di angka Rp 117 juta - Rp 129 juta. Posisi ini akan memimpin divisi teknik dan bertanggung jawab memimpin dan mengelola aktivitas teknik di sebuah perusahaan.

Supply Chain Director

Seseorang yang menjabat menjadi Supply Chain Director bertanggung jawab dalam mengelola manajemen perusahaan yang mengharuskan adopsi digital sesuai dengan perkembangan industri saat ini. Supply Chain Director memiliki gaji di kisaran Rp 103 juta, namun angka tersebut tergantung dengan industri dan skala perusahaan.

Head of Procurement

Posisi Kepala Pengadaaan ini memiliki gaji hingga Rp 99 juta dengan tanggung jawab untuk berkoordinasi dengan divisi keuangan dan logistic untuk memastikan strategi pengadaan.

Head of Legal

Head of Legal biasanya dipekerjakan oleh sebuah perusahaan dengan maksud untuk berperan lebih dari jabatan seorang pengacara. Untuk berada di posisi ini, kualifikasi yang dibutuhkan adalah pengetahuan yang baik di bidang hukum dan bisnis. Posisi ini memiliki gaji di kisaran Rp 57 juta hingga Rp 91 juta.


Nah, jadi termotivasi untuk bekerja lebih giat lagi nggak, Be-emers? Apapun pekerjaanmu saat ini, tetap semangat dan bekerja sepenuh hati agar hasilnya bisa maksimal dan menguntungkan dirimu sendiri, ya!

Baca Lagi: Gaji Kamu Terdampak Pandemi? Berikut Tips Mengelolanya