Hobimu, Ladang Cuanmu!

Instagram : @bisnis.muda.id

Instagram : @bisnis.muda.id


Apa yang harus dimulai dari bisnis bercocok tanam? Modalnya pengetahuan dari tanaman yang ingin kita jual.

Contoh, hidroponik kita harus tau detail dan seluk beluknya enggak bisa hanya airnya saja. 

Berapa besar peluang cuan bisnis tanaman? Tentu sangat besar selama kita bisa memberikan kualitas tanaman yang baik dan bagus.

Baca Juga: Yuk, Coba Berbisnis di Rumah Aja lewat Bercocok Tanam Hidroponik

Gimana caranya cuan saat menjual tanaman?


Ketika jual tanaman jual tanaman yang sehat lalu langkah selanjutnya baru propagasi. Pastikan saat propagasi akarnya sudah baik dan gunakan gunting tajam saat memotong dengan sudut kemiringan. 

Detail tanah vitamin serum dan cara propagasi untuk kita mendapatkan cuan dengan propagasi seperti apa? 

Teknik propagasi yaitu dimana saat memotong dan kemiringan memotong yang sudah ada akarnya. Setelah itu, ada beberapa teknik, tetapi tergantung masing-masing pribadi saat mencoba bisa dengan mengganti air 2 hari sekali dan di berikan serum. 

Dalam jangka waktu satu tahun membuat serum tanaman no brand plant. Salah satu point kalau bisnis kita mau berbeda kita harus hands on.

Sosok Asoka yang berawal dari pandemic covid-19 ternyata menurut dirinya Corona membawa berkah, mulai dari traveller tahun 2014 – 2019 akhirnya 2020 nge renovasi rumah dan bikin green corner.

Cara menjaga positivity adalah dengan cara:

“ketika gua berbuat baik gua yakin kebaikan akan menghampiri dan gua tidak berpura2 bahagia di social media. Jadi gue apa adanya dan happy banget.” -Asoka Remadja-


Serum hanya membantu pertumbuhan tetapi yang sangat mempengaruhi pertumbuhan yaitu media tanamnya dan sinar matahari.

Saat mau jualan harus tau apa kebutuhan tanaman itu jadi saat di beli orang kita bisa memberikan saran dan ilmu yang sudah kita punya, basic knowledge. Dari kita tau itu maka kita tau turun temurun medianya apa lalu kebutuhannya apa.

Marketingnya untuk sekarang, sudah banyak banget plantseller yang menjual tanaman tinggal kita maksimalkan packagingnya, part, dan detail tanamannya. Maka dari itu, akan bergulir work of mouth, unique selling point dari tanaman kita, dan personality dan brandnya.

Tips suksesnya : Konsisten, inovasi, kreatif mulai dari pemilihan nama brandnya juga sangat mempengaruhi biar bisa merubah pola pikir pembeli. 

Kalau menjalani sesuatu bisnis jangan pernah takut gagal, kalau gagal cari mentor cari teman yang bisa memberikan insight dan terus mencoba lagi, lagi dan lagi, percaya sama diri sendiri, dan kalau gagal jangan sedih.