Mensiasati Work Life Balance

Instagram : @bisnis.muda.id

Instagram : @bisnis.muda.id

Like
Apa yang harus ditata saat umur 18 tahun? Manajemen finansial bisa kita atur saat kita sudah berpenghasilan atau kalau belum berpenghasilan, sebenarnya kita bisa pakai uang jajan yang dihasilkan dari orang tua lho!

Selain itu, buat tujuan yang paling utama dan prioritas dan di breakdown dulu. Kita pun harus mencari pengetahuan dan detail terlebih dahulu, misalnya saat kita punya rumah kita harus tau tujuan dan detail dari rumah itu. 

Yang paling wajib kita punya saat mempunyai prinsip “Work Life Balance” adalah kita harus punya dana darurat – asuransi – investasi terlebih dahulu agar dapat menyelamatkan hidup kita kedepan nya.

Jangan mengikuti sesuatu karena gengsi. Kalau kita masih iri dan bikin impulsive itu tanda kalau lifestyle kita udah enggak seimbang. Gengsi terjadi karena tidak sadar, namun saat kita memaksakan itu sudah termasuk gengsi.

Financial planning itu sangat penting saat kita punya penghasilan, nge-breakdown antara keinginan dan kebutuhan juga sangat penting. 
  1. Kalau melakukan financial planning dibreakdown terlebih dahulu agar ter porsikan masing-masing sesuai kebutuhan nya.
  2. Nabung dan investasi bukan hanya untuk ngumpulin uang tapi untuk kehidupan jangka panjang kedepan nya agar terus berkecukupan dan tidak merepotkan anak atau orang lain.

Baca Juga: Find Your ZEN! Tips Work Life Balance untuk Hidup Lebih Seimbang