Yuk, Coba Berbisnis di Rumah Aja lewat Bercocok Tanam Hidroponik

sumber: bisnis.com

sumber: bisnis.com

Like

Di tengah pandemi virus corona seperti ini, memang memaksa sebagian aktivitas kita untuk bisa dilakukan di rumah aja. Mulai dari kerja, kuliah, sekolah, hingga mungkin melakukan hobi. 

Dengan di rumah aja, perlahan kamu mulai sadar banyak waktu luang yang mungkin bisa kamu isi dnegan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Bagi kamu yang suka menanam atau mungkin baru tertarik, bercocok tanam hidroponik bisa menjadi salah satu pengisi waktu senggangmu. 

Mulai dari kebutuhan lahan yang tidak terlalu luas hingga banyaknya pedoman mudah menanam tanaman hidroponik bagi pemula bisa rasanya cocok untuk kamu yang tinggal di perkotaan.

Selain menjadi pengisi waktu luang, ternyata tanaman hidroponik juga bisa jadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Bagi kamu yang sudah memiliki toko pertanian atau tanaman, bisa mencoba memulai bisnis starter kit untuk para pemula.


Memulai menanam tanaman hidroponik memang lebih mudah dengan langsung mendapatkan berbagai alat yang dibutuhkan dalam satu paket starter kit. Saat ini sudah banyak toko pertanian dan hodroponik yang menjual starter kit secara online.

Dikutip dari bisnis.com, bisnis starter kit menjadi salah satu peluang yang cukup menjanjikan di tengah masa pandemi ini. Seperti yang diakui oleh pemilik toko pertanian dan hidroponik Purie Garden, Ridwan, yang sudah memiliki lima cabang di Kediri, Bogor, Surabaya, Yogyakarta dan Tangerang.

Ridwan mengungkapkan bahwa penjualan starter kit hidroponik untuk pemula jadi meningkat hingga tiga kali lipat selama masa pandemi ini. Paket yang terdiri dari dua jenis kit wick system menjadi produk yang paling diminati.

Untuk dapat membantu para pemula dengan maksimal, Ridwan melengkapi paket starter kit-nya dengan lembar tutorial, hingga disediakan fasilitas hotline jika pembeli butuh bimbingan langsung.

Selain mudah ditanam, hasil tanaman hidroponik juga bisa langsung dikonsumsi bahkan dengan kualitas yang bagus hasil tanamanmu dapat dijual juga. 

Penjualan hasil tanaman hidroponik, seperti pokcoy misalnya, banyak diminati dan dicari sebagai bahan masakan. Penjualannya bisa berawal dari promosi rumah ke rumah untuk memenuhi kebutuhan masakan sayur tetangga, misalnya.

Bisnis tanaman hidroponik ini juga menjadi bisnis yang berjangka panjang jika kamu serius menekuninya, tidak hanya untuk mengisi waktu luang saat aktivitas di rumah aja. Siapa tau dengan mencoba di awal, ternyata kamu bias jadi pengusaha besar tanaman hidroponik ini di kemudian hari.