Bagaimana sih Cara Cari Duit atau Cuan dari Media Sosial?

Bisnis Muda Day (Instagram Bisnis.muda.id)

Bisnis Muda Day (Instagram Bisnis.muda.id)


Bagaimana ya caranya supaya kita bisa berpenghasilan dari media sosial? Profesi baru sebagai content creator kini ramai digeluti dan menarik minat banyak orang.

Bisnis Muda pun berkesempatan nih ngobrol dan sharing tentang gimana caranya cari duit dari sosial media. 

Kalian pasti tau akun Instagram tempatbercakap kan? Yup, Andrey Banyudoyo, founder akun Instagram yang ngehits dengan 900.000 followers ini akan berbagi tips dan cara dapat uang dari content creator bareng Didit Ahendra sebagai host.

Sharing kali ini akan menjawab pertanyaan seputar cara membuat konten, apa saja yang diperlukan dipersiapkan, cara meningkatkan engagement dan cara untuk menjadikan sosial media sebagai mata pencaharian sepenuhnya.

Pria berumur 27 tahun ini memulai dengan memperkenalkan diri dan juga bagaimana awalnya ia membentuk tempat bercakap. Ia menjelaskan dengan singkat statistik akun Instagramnya yang luar biasa.


Ia juga memperkenalkan dengan singkat ‘cabang’ akun tempat bercakap yang lain hingga coffee shop dan juga merchandise dari akun yang ia miliki.

Menurut Andrey, ada 3 hal yang paling utama yang dibutuhkan untuk membuat konten, yaitu Passion, Talent, Market. Ketiga hal ini penting dan harus selalu saling melengkapi.

Passion maksudnya adalah hal yang kita sukai. Untuk menemukan passion, kita bisa menggunakan metode ATM yaitu Amati, Tiru, Modifikasi.

Setelah langkah pertama yaitu passion sudah terpenuhi, langkah kedua adalah Talent. Maksudnya, bagaimana kamu bisa memproses passion dan ide yang sudah ada untuk dikerjakan.

Untuk mewujudkan ide itu, kamu tentunya perlu talent atau keahlian untuk mengeksekusi ide. Kalau kamu tidak punya keahlian tersebut, kamu bisa memperkerjakan seseorang untuk keinginanmu. 

Jadi, ia simpulkan, cara membuat konten adalah jika target konten yang kita temukan ini akan dapat menghasilkan penghasilan, dan ini menjadi pekerjaan yang kita senangi, maka; pastikan pekerjaan tersebut sesuai dengan passion kita, dan ada orang yang bisa mengerjakan pekerjaan tersebut dengan baik (talent).

Kemudian, apa aja sih yang kita butuhkan? Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu perlu melihat kebutuhan apa yang perlu kamu lengkapi untuk membuat konten tersebut.

Andre bilang, bila kamu tidak memiliki alat yang memadai untuk membuat konten, tidak apa apa dan tidak perlu malu untuk meminjam punya orang. Namun ia juga menekankan meminjam barang orang perlu dengan tanggung jawab dan etika yang baik.

Lalu bagaimana cara meningkatkan engagement? Andrey menjelaskan bahwa hal yang penting antara kamu dan followers adalah adanya keterikatan.

Maksudnya adalah bagaimana kamu berinteraksi dengan audiencemu. Andrey sendiri mencontohkan dengan giveaway dan juga melibatkan followers dalam konten.

Hal lain yang perlu ada di dalam konten untuk menggaet audience adalah libatkan perasaan, pembelajaran (informasi), kesempatan (melibatkan followers). Tapi ingat, konten harus diterima di publik dulu. Percuma engagement tinggi tapi isinya ujaran kebencian, hujatan dan hal hal yang negatif.

Hal yang ketiga adalah Market. Maksudnya, bagaimana konten kita bisa menarik para sponsor hingga para brand. Andrey juga menjelaskan dari mana aja penghasilan dalam media sosial. Penghasilan bisa datang dari berbagai cara seperti paid promote, iklan, dan partnership dengan brand. Untuk mendapat semua itu, kamu perlu menyiapkan portofolio, proposal dan juga strategi marketing. 

Seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan pertanyaan yang menarik dan juga workshop kecil nunjukin gimana cara buat konten tempatbercakap dari awal sampai jadi konten. Wah, seru dan insightful banget deh isi webinar bareng Andrey. Semoga ilmu yang didapat bisa bermanfaat ya, be-emers!

Baca Juga: Cerdas Bermedia Sosial Guna Menjaga Makroprudensial