Pentingnya Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini, Ini yang Perlu Diperhatikan

Golden Age Planner Illustration - Canva

Golden Age Planner Illustration - Canva

Like

Masa depan memang selalu jadi misteri. Meski begitu, menyiapkan segala sesuatu buat masa depan lebih baik daripada enggak ada persiapan sama sekali.

Salam satu hal yang cukup krusial untuk disiapkan di masa depan nanti adalah dana pensiun. Walaupun kita maunya awet muda terus, tapi masa pensiun nanti enggak bisa dihindari.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), usia produktif di Indonesia berada di rentang usia 15 sampai 64 tahun. Meski begitu, usia pensiun yang ditetapkan oleh Peraturan Pemerintah No. 45 Tahun 2015 berada di usia 56 tahun.

Pensiun, bukan hanya ketika kamu sudah masuk usia pensiun saja. Kamu juga bisa pensiun sebelum waktunya lho. Hal itu biasa disebut sebagai pensiun dini. 

Menurut Senior Agency Manager Axa Financial Indonesia Anyta Lila, dari laman LinkedIn-nya, dalam lingkup  perusahaan swasta, pensiun dini disebabkan adanya faktor dari sisi karyawan dan perusahaan. Faktor tersebut berupa jenjang karir, kesehatan, penghasilan yang lebih baik, efisiensi, dan  kondisi perusahaan.


Nah, biar kamu lebih prepare  sama masa depan kamu, ini yang perlu kamu perhatikan saat menyiapkan dana pensiun sejak dini.
 

Perencanaan Sesuai Tujuan

Masa pensiun jelas membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan hidup selanjutnya. Makanya, mengetahui tujuan di masa pensiun juga penting nih.

“Buat financial plan. Begitu juga untuk tujuan masa pensiun,” kata Certified Financial Planner Aliyah Natasya, dikutip dari Bisnis Weekend.

Makanya, kamu juga perlu mengetahui biaya kebutuhan hidup, pengeluaran-pemasukan, dan investasi apa aja di masa pensiun. Selain itu, menurut Aliyah, kita juga mesti mampu beradaptasi dan mencari peluang baru saat kamu pensiun nanti.

Soalnya, gaya hidup kita nanti pas pensiun bakal beda sama sekarang. Bahkan, ia menuturkan kalau saat pensiun nanti kita nggak ada pemasukan sama sekali, kita mesti mengubah gaya hidup 60% lebih rendah dari biasanya.
 

Mulai Memilih Dana Pensiun

Apalah artinya rencana tanpa eksekusi. Setelah kamu merencanakan dengan matang tujuan pensiun, nah sudah saatnya kamu memilih dan memiliki dana pensiun.

Baca juga: Ini Penyelenggara Dana Pensiun yang Bisa Dipilih untuk Masa Depan

Ada banyak pilihan dana pensiun yang bisa kamu miliki untuk persiapan masa depan kamu. Biasanya, perusahaan memfasilitasi kamu bekal pensiun. Hal itu kemudian disebut sebagai dana pensiun pemberi kerja (DPPK)

Selain itu, minimal kamu terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan. Soalnya, BPJS Ketenagakerjaan punya fasilitas Jaminan Hari Tua buat bekal di masa senja kamu nanti. 

Namun, kamu juga bisa kok punya dana pensiun tambahan lewat dana pensiun lembaga keuangan (DPLK). Dana pensiun ini dibentuk oleh bank maupun asuransi jiwa. Jadi, kamu bisa nabung secara mandiri dan berkala lewat dana pensiun ini.