Kim Kardashian West Resmi Jadi Billionaire!

Kim Kardashian West Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

Kim Kardashian West Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

Dengan adanya KKW Beauty dan perusahaan shapewear populer Skims, kekayaan bersih Kardashian West meningkat menjadi $1 miliar atau setara dengan Rp 14,2 triliun, membuatnya mendapatkan posisi di Daftar Miliarder Dunia versi Forbes.

Kim Kardashian West pertama kali masuk di halaman Forbes pada tahun 2011, karena jumlah pengikut Twitter-nya yang mencapai 6,6 juta, tepat di bawah Barack Obama dan tepat di atas Ashton Kutcher.

Lima tahun kemudian, ia menghiasi sampul majalah Forbes berkat game selulernya yang berkembang pesat, yang pada akhirnya membantunya menghasilkan $51 juta atau setara dengan Rp 723,6 miliar di tahun 2016 silam. Sekarang, dia resmi bergabung dengan daftar Miliarder Dunia untuk pertama kalinya.

Forbes memperkirakan bahwa kekayaan Kardashian West sekarang bernilai $1 miliar, naik dari dari angka sebelumnya yaitu $780 juta (Rp 11 triliun) pada Oktober, berkat dua bisnisnya yang menguntungkan, Skims dan KKW Beauty, serta uang tunai dari reality show Keeping Up with the Kardashians, endorsement, dan sejumlah investasi yang lebih kecil.

Kardashian West mendirikan KKW Beauty pada tahun 2017, menyusul keberhasilan saudara tirinya Kylie Jenner's Kylie Cosmetics. Dia belajar dari pengalaman Kylie dalam menggunakan metode direct-to-consumer yang sangat bergantung pada pemasaran media sosial. Peluncuran pertamanya, ia menjual habis 300.000 contour kit dalam waktu dua jam. Pada tahun 2018, bisnis ini telah berkembang dan mulai melahirkan produk makeup lainnya, seperti eyeshadows, concealer, lipstik, dan perfume, dan menghasilkan pendapatan sekitar $100 juta (Rp 1,4 triliun).
 

KKW Beauty Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

KKW Beauty Illustration Web Bisnis Muda - Google Images


Bagi Kardashian West, ini pertama kalinya ia menjadi seorang pemilik, yang biasanya hanya memiliki kesepakatan lisensi pada suatu brand.
Tahun lalu, ia menguangkan kepemilikan tersebut dengan menjual 20 persen dari KKW Beauty kepada konglomerat kosmetik, Coty, seharga $200 juta (Rp 2,8 triliun), sebuah kesepakatan yang membuat perusahaan memiliki nilai sebesar $1 miliar. Coty, yang juga membeli 51 persen saham dari Kylie Cosmetics pada tahun 2020.

Selain itu, Kardashian West meluncurkan lini shapewear ‘Skims’ yang diluncurkan pada 2019. Dia mengumpulkan uang dari orang dalam, seperti Natalie Massane dari Net-a-Porter dan Andrew Rosen dari Theory, dan memanfaatkan pengikut media sosialnya yang besar untuk mempopulerkan brand-nya (69,6 juta pengikut Twitter dan 227 juta pengikut di Instagram.) 
 

Skims  Logo Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

Skims Logo Illustration Web Bisnis Muda - Google Images


Skims telah berkembang dengan cepat. Selama pandemi, konsumen menjadi lebih tertarik pada pakaian yang nyaman untuk berada di rumah, sehingga dia dengan cepat mengambil peluang dan mulai mengalihkan fokus ke pakaian santai.

Kardashian West memiliki saham mayoritas di Skims dan belum terungkap pendapatannya. Forbes memperkirakan saham Skims-nya bernilai konservatif  di angka $225 juta (Rp 3,1 triliun), cukup untuk mengangkat kekayaannya menjadi $1 miliar.

Sisa kekayaan Kardashian West berada dalam bentuk uang tunai dan investasi, termasuk real estate. Setiap tahun sejak 2012, dia telah mendapatkan setidaknya $10 juta sebelum pajak, berkat gaji dari Keeping Up With the Kardashians, endorsement, dan usaha lainnya seperti game seluler-nya yaitu Kim Kardashian: Hollywood.

Ibu dari North, Saint, Chicago, dan Psalm West ini juga memiliki tiga properti di Calabasas, barat laut Los Angeles, dan portofolio investasi unggulan, termasuk saham Disney, Amazon, Netflix, dan Adidas yang diberikan oleh calon suaminya Kanye West untuk Natal tahun 2017 .

Dari seluruh sumber kekayaannya, yang membuat Kim Kardashian West menjadi miliarder adalah perusahaan yang dia luncurkan sendiri, dan tumbuh dengan branding Kardashian untuk promosi diri, yang membuatnya masuk dalam daftar Miliarder Dunia. Saat dia mem-posting tweet saat dia menjadi sampul untuk majalah Forbes, ia menyindir kritik yang ia terima selama bertahun-tahun dengan cuitan "Tidak buruk untuk seorang gadis tanpa bakat."

Wah, semoga kita bisa semakin sukses seperti Kim Kardashian West ya, Be-emers!