Mengenal Satya Nadella, Berapa Banyak Sih Kekayaannya?

Satya Nadella Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

Satya Nadella Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

Like

Kamu pasti tau kan, Be-emers, kalau Microsoft mengumumkan telah menunjuk Chief Executive Officer Satya Nadella sebagai ketua baru perusahaan menggantikan John Thompson.

Nadella, yang telah dikenal dengan meningkatkan bisnis Microsoft termasuk akuisisi seperti LinkedIn dan ZeniMax, sebelumnya telah mengambil alih sebagai CEO perusahaan pada tahun 2014.

Dengan banyaknya desas-desus tentang Nadella sebagai CEO Microsoft yang baru, orang ingin tahu lebih banyak tentang eksekutif bisnis kelahiran India satu ini. Untuk itu, yuk kita bahas bersama!

Nadella dikenal sebagai orang yang selalu menekankan kerja sama. Sepanjang masa jabatannya, ia telah mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan perusahaan seperti IBM, Salesforce, dan Dropbox.

Bahkan, ia juga mendorong hubungan yang lebih erat dengan perusahaan lain yang sering dianggap kompetitor seperti Linux dan Apple. Selama karirnya, Nadella telah dihormati dengan sejumlah penghargaan. Dia dinobatkan sebagai Person of the Year atau Businessperson of the Year oleh sejumlah publikasi berbeda.
 

Hmm, siapa sih Satya Nadella itu?

Satya Narayana Nadella lahir pada 19 Agustus 1967 di Hyderabad, Andhra Pradesh, India. Setelah lulus dari sekolah menengah, ia melanjutkan kuliah di Institut Teknologi Manipal dan akhirnya mendapatkan gelar sarjana di bidang teknik elektro.


Setelah lulus pada tahun 1988, Nadella pindah ke Amerika Serikat untuk kuliah di University of Wisconsin-Milwaukee. Sesampainya di sana, ia berhasil mendapatkan gelar M.S. dalam ilmu komputer sebelum menghadiri University of Chicago Booth School of Business. Lalu, pada tahun 1996, ia lulus dengan gelar MBA.
 

Bagaimana perjalanan karir Nadella?

Nadella memulai karirnya di Sun Microsystems, sebuah perusahaan komputer dan perangkat lunak Amerika. Dia awalnya menjabat sebagai staf teknologi Sun Microsystems sebelum pindah ke Microsoft pada tahun 1992.

Nadella dengan cepat menjadi tokoh kunci di Microsoft, lho, di mana ia memimpin gerakan menuju komputasi Cloud. Dia akhirnya membantu mengembangkan salah satu infrastruktur Cloud terbesar di dunia.

Nadella naik pangkat dengan cepat, pertama kali menjabat sebagai wakil presiden senior R&D untuk Divisi Layanan Online Microsoft. Dia juga menjabat dalam peran yang sama untuk Divisi Bisnis perusahaan. Setelah menjadi presiden Bisnis Server dan Alat, ia mampu mendorong Microsoft menuju komputasi awan dengan lebih kuat.

Pendapatan dari Layanan Cloud Microsoft tumbuh pesat di bawah kepemimpinan Nadella, yang meroket dari sekitar $16 juta pada tahun 2011 menjadi lebih dari $20 miliar pada tahun 2013. 

Pada tahun 2014, Nadella sempat diangkat sebagai CEO baru Microsoft, menjadi orang ketiga yang memegang posisi ini setelah Bill Gates dan Steve pemain bola. Sembari terus mendorong penerapan teknologi Cloud yang lebih besar, ia juga tak henti menekankan karakteristik umum seperti pembelajaran dan empati.
 

Apa saja sih pencapaian yang sudah diraih?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beberapa kontribusi paling menonjol Satya Nadella kepada Microsoft sejak menjadi CEO telah melibatkan sejumlah akuisisi. Mungkin akuisisi Microsoft yang paling terkenal di era modern terjadi pada tahun 2014 ketika membeli Mojang, sebuah perusahaan video game Swedia yang bertanggung jawab untuk menciptakan game Minecraft yang sangat populer.

Pada tahun-tahun berikutnya, Nadella juga mengawasi akuisisi Xamarin, sebuah perusahaan berbasis di San Francisco yang berspesialisasi dalam Common-Language Infrastructure (CLI). Selain itu, Nadella mendorong akuisisi LinkedIn, yang berhasil diakuisisi oleh Microsoft pada 2016 senilai $26,2 miliar. Salah satu akuisisi terbaru perusahaan terjadi pada 2018 ketika membeli GitHub seharga $7,5 miliar.
 

Adakah sumber penghasilan lain?

Di luar pekerjaannya dengan Microsoft, Nadella telah mengejar sejumlah usaha tambahan. Dia dan istrinya Anupama adalah pemilik sebagian dari Seattle Sounders, tim Major League Soccer profesional. Pada tahun 2017, ia juga menerbitkan buku berjudul "Hit Refresh," yang mencakup kehidupan awal, karir, dan visinya untuk masa depan teknologi. Semua hasil dari penjualan bukunya disumbangkan ke organisasi nirlaba.

Nadella juga menjabat di dewan dan komite dari sejumlah perusahaan dan entitas yang berbeda. Ini termasuk Starbucks, Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson, dan Universitas Chicago.
 

Berapa sih besaran gajinya?

Pada tahun 2013, ayah dari 3 anak ini memperoleh gaji pokok sebesar $669.000 dan menerima paket kompensasi tambahan sebesar $17.6 juta dalam bentuk opsi saham dan bonus. Pada tahun 2014, total kompensasinya naik menjadi sekitar $40 juta. Antara 2015 dan 2017, Nadella memperoleh $20 juta per tahun melalui gaji dan bonus saja.

Pada 2019, ia memperoleh jumlah total $ 42 juta. Ini mewakili campuran gaji pokok, opsi saham, dan insentif berbasis kinerja lainnya. Setidaknya $10,8 juta dari paket kompensasinya untuk tahun 2019 berasal dari satu bonus tunai, dan gaji pokoknya untuk tahun itu adalah $2,33 juta.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang total pendapatan Nadella di Microsoft, kita harus mempertimbangkan kinerja keseluruhan dari perusahaan itu sendiri. Ini karena total pendapatan Nadella sebagian besar merupakan cerminan dari opsi saham.

Ketika dia pertama kali diangkat menjadi CEO, perusahaan tersebut memiliki kapitalisasi pasar sebesar $300 miliar. Selama 5 tahun berikutnya, dia meningkatkan kapitalisasi pasar perusahaan menjadi lebih dari $1 triliun selama satu periode, dan dia secara konsisten mempertahankan kapitalisasi pasar lebih dari $850 miliar untuk Microsoft. Pada 2018, Nadella telah melipatgandakan saham Microsoft dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 27 persen.

Menurut pengajuan SEC terbaru perusahaan pada tahun 2020, Nadella memiliki sekitar 800 ribu saham Microsoft. Ini setara dengan total nilai $ 170 juta. Dia sebelumnya memiliki lebih dari 1 juta saham, tetapi dia menjual 30 persen sahamnya pada tahun 2018 dengan keuntungan satu kali sebesar $25 juta.
 

Asset apa lagi yang Nadella punya?

Pada tahun 2016, diumumkan bahwa Satya Nadella menjual rumahnya di Washington seharga $2,8 juta. Terletak di lingkungan Clyde Hill, rumah yang luas ini memiliki pintu bergaya Prancis, halaman rumput, dan area hiburan outdoor. Dari rumah ini, kamu bisa melihat pemandangan Danau Washington dan Pegunungan Olimpiade yang spektakuler, Be-emers!

Nadella pertama kali mendaftarkan properti itu seharga $3,5 juta, tetapi kemudian menetapkan harga yang diturunkan secara signifikan sebesar $2,8. 16 tahun lalu, Nadella membeli rumah itu dengan harga $1,385 juta. Artinya, Nadella mampu melipatgandakan investasi awal mereka.

Setelah menjual properti seluas 4.050 kaki persegi, Nadella dan keluarganya tinggal di Washington dan mungkin pindah ke rumah lain di Bellevue yang telah ia beli pada tahun 2013 seharga $422.500.

Saat ini, Nadella dan keluarganya tinggal di sebuah rumah besar di puncak bukit yang menghadap ke danau besar. Bersama dengan tiga anaknya, mereka juga memiliki seekor anjing untuk menemani mereka.