Kantongi AOC, Super Air Jet Siap Mengudara di Indonesia

Super Air Jet Siap Mengudara Illustration Web Bisnis Muda - Image: Lion Group

Super Air Jet Siap Mengudara Illustration Web Bisnis Muda - Image: Lion Group

Like

Di tengah pandemi, dunia penerbangan mengalami tekanan yang cukup signifikan. Namun, rupanya hal itu enggak menghalangi langkah maskapai Super Jet Air untuk terbang nih!

Super Jet Air merupakan maskapai baru yang berada di bawah naungan Lion Group nih, Be-emers. Didirikan sejak Maret 2021 lalu, Super Air Jet ini rencananya bakal melayani rute domestik.

Dengan mengusung tema kasual, maskapai yang bakal menggunakan pesawat Airbus A320 berbiaya rendah (Low Cost Carrier/LCC). Enggak cuma itu, Super Air Jet juga diketahui menyasar pelanggan dari generasi milenial.

Baca Juga: Maskapai Baru dari Indonesia, Super Air Jet Siap Mengudara

Nah, dilansir Bisnis, Kementerian Perhubungan melalui DirJen Perhubungan Udara rupanya telah menyelesaikan proses sertifikasi permohonan Air Operation Certificate (AOC) PT Super Air Jet nih!


Akhirnya, Super Air Jet dengan pesawat Airbus A320 telah mengantongi AOC, yang sebelumnya sudah diajukan berdasarkan surat permohonan Super Air Jet sejak 30 September 2020 lalu.

Proses sertifikasi maskapai yang juga sudah memegang Surat Izin Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal (SIUAU-NB) tersebut mengacu sama ketentuan ICAO lho. Selain itu, sertifikasi itu juga mengacu sama regulasi penerbangan di Indonesia yang dilaksanakan lewat 5 tahapan:
  • Pre Application
  • Formal Application
  • Document Compliance,
  • Demonstration & Inspection, dan
  • Certification.

Baca Juga: Rusdi Kirana: Dari Dirikan Lion Air Hingga Suntik Dana ke Air Jet

Dengan selesainya seluruh tahapan sertifikasi, menurut Dirjen Perhubungan Udara, Super Air Jet pun dinyatakan telah memenuhi semua persyaratan teknis serta keselamatan sebagai pemegang AOC.

Adapun, terdapat persyaratan yang diterbitkan AOC, yakni minimal jumlah pesawat udara yang dioperasikan berjumlah 3 pesawat.

Dengan persyaratan tersebut, SAJ diketahui telah memenuhi persyaratan dengan mengoperasikan 3 pesawat A320, dengan ketentuan 1 milik dan 2 menguasai.

Tertarik untuk bepergian dengan Super Air Jet, Be-emers? Atau mending nunggu pandemi usai dulu kali yaa, baru bisa bepergian lagi. Hihi