Geser Posisi Jack Ma, Bos Pinduoduo Colin Huang Jadi Orang Paling Kaya di China

Colin Huang - Foto; colinhuang.com

Colin Huang - Foto; colinhuang.com

Like

Tercatat punya kekayaan bersih US$45,4 miliar, menurut Real Time Billionaires Forbes, rupanya telah membuat Founder sekaligus CEO Pinduoduo Colin Huang jadi orang paling kaya di China saat ini.

Artinya, ia telah menggeser posisi Founder Alibaba Jack Ma yang sebelumnya ada di posisi itu. Berdasarkan data Forbes, pada Mei 2020, harta Jack Ma dikabarkan menyusut US$1,5 miliar.

Pengusaha berumur 40 tahun itu menjadikan perusahaan e-commerce miliknya mampu bersanding dengan Alibaba dan Tencent. Adapun, perusahaan yang dirintis sejak 2015 itu berhasil mengumpulkan dana US$8 juta saat awal berdiri.


Memanfaatkan Peluang Demand Belanja Online

Selam lima tahun berdiri, e-commerce yang dipimpin Huang tersebut telah berhasil sebagai salah satu bisnis ritel terbesar di China. Enggak cuma itu, Pinduoduo pun punya kapitalisasi pasar yang mencapai US$104 miliar. 

Diketahui, harga saham Pinduoduo sudah berhasil mencatatkan kenaikan hingga 300% tahun 2019 lalu. Bahkan, sahamnya yang sudah terdaftar di Nasdaq itu sempat dua kali lipat melonjak sejak awal tahun.

Dilansir dari laman Tagar, hal itu dipicu oleh meningkatnya demand belanja online di China saat pandemi Covid-19. Selain itu, pria yang pernah bekerja sebagai pemimpin teknologi di Google itu juga pintar dalam membaca dinamika para seniornya, yaitu Alibaba dan Tencent.


Adapun, Huang tercatat memiliki 45% sahamnya di Pinduoduo. Meski begitu, di Kuartal I/2020, Pinduoduo juga sempat mencatatkan rugi bersih yang setara US$581,8 juta.

Wah, Gokil!

Kalau kamu, pernah ada yang berpengalaman belanja di Pinduoduo?