Windows 11 vs MacOS Monterey, Mana yang Lebih Baik?

Windows 11 vs MacOS Monterey Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Windows 11 vs MacOS Monterey Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Baru-baru ini, di acara The 2021 Microsoft Windows Event, telah diumumkan Windows 11 terbaru yang akan segera diluncurkan. Perusahaan pesaingnya, Apple, juga baru saja meluncurkan update dari softwarenya yaitu MacOS Monterey.

Lalu, mana sih yang lebih baik dari keduanya? Yuk Kita bandingkan setiap fitur yang dimiliki oleh masing-masing software!
 

Snap Layouts vs MacOS Multitasking

Dengan MacOS, kamu dapat bekerja dengan dua aplikasi secara berdampingan, dan hanya terbatas untuk 2 aplikasi. Sedangkan pada Windows 11, fitur Snap Layouts baru memungkinkan kamu menjalankan hingga tiga aplikasi secara berdampingan dan memilih dari sekumpulan tata letak lainnya, seperti grid 2x2 untuk empat aplikasi atau satu di kiri dan dua di kanan.
 

Snap Layout Windows 11 Illustration Web Bisnis Muda - Microsoft

Snap Layout Windows 11 Illustration Web Bisnis Muda - Microsoft


Selain itu, kamu juga dapat membuat Snap Groups di Windows 11 yang dapat kamu taruh tepat di taskbar, sehingga kamu dapat langsung melanjutkan tepat di tempat terakhir kamu menggunakan.

Touch Support

Se Apple menolak untuk membawa fitur touch ke Mac dan terus mendorongnya pada iPad Pro, laptop 2-in-1 terbaik yang menjalankan Windows 11 akan mendapatkan touch support yang ditingkatkan. Kamu akan melihat lebih banyak ruang di antara ikon, target sentuh yang lebih besar, dan isyarat visual untuk mengukur dan memindahkan jendela. Keyboard di layar juga semakin baik.
 

Gaming

Selain memiliki akses mudah ke Xbox Game Pass yang mengagumkan, Windows 11 menawarkan beberapa peningkatan game utama yang akan membawa game-game terbaik ke level berikutnya. Dukungan DirectX 12 menghadirkan game high-frame-rate yang lebih baik, sementara Auto HDR akan menghadirkan visual yang lebih baik di berbagai game.

Selain itu, jika kamu memiliki PC yang mendukung DirectStorage, kamu akan bisa menikmati waktu loading game yang jauh lebih cepat, seperti Xbox Series X dalam bentuk PC. MacOS masih tertinggal jauh di belakang dari sisi gaming, dengan pilihan game yang jauh lebih sedikit daripada Windows.
 

Open App Store

Sebelumnya, Microsoft Store bukanlah yang terbaik selama Windows 10 tahun, tetapi menjadi jauh lebih baik pada Windows 11, dengan app store yang jauh lebih terbuka daripada MacOS. Misalnya, Microsoft membiarkan pengembang menggunakan mesin perdagangan mereka sendiri, seperti Adobe, jadi itu tidak akan memaksa pengembang untuk memberi Microsoft potongan.


Selain itu, aplikasi Android bisa didapatkan di Windows Store. Namun, pengguna Windows akan terbatas pada opsi di Amazon App Store. Mungkin dapat melakukan sideload aplikasi di Windows 11, namun, hal tersebut tidak direkomendasikan.
 

Microsoft Teams vs FaceTime

FaceTime di macOS Monterey terlihat jauh lebih keren daripada Microsoft Teams yang ada di dalam Windows 11. Hal itu karena FaceTime memiliki fitur SharePlay baru yang memungkinkan kamu untuk menonton atau mendengarkan musik bersama teman. Tetapi jika kamu menggunakan Android atau Windows, kamu hanya bisa menggunakan FaceTime melalui tautan web, yang berarti tidak akan mendapatkan SharePlay. Sementara itu, Microsoft Teams akan tersedia di Windows, Android, dan iOS.

Ada banyak keunggulan tentang MacOS yang membuatnya lebih baik daripada Windows. Salah satunya AirDrop yang terus menjadi fitur favorit, dan pesan dari iPhone secara otomatis bisa muncul di desktop. 

Selain itu, pembaruan MacOS umumnya jauh lebih lancar, sedangkan Windows 10 memiliki beragam masalah, beberapa di antaranya menyebabkan bug parah atau bahkan blue screen. Microsoft mengatakan Windows Update akan meningkat di Windows 11.

MacOS Monterey, yang diluncurkan musim gugur ini, menjanjikan beberapa peningkatan lainnya. Ini termasuk FaceTime yang jauh lebih baik, Safari yang didesain ulang dengan grup Tab yang praktis, Quick Notes, dan integrasi yang lebih mulus dengan iPad dengan Universal Control. 

Nah, Be-emers, kalo kamu tim Windows atau MacOS nih?