Apa Itu Telemedicine? Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Ilustrasi Gambar (Canva)

Ilustrasi Gambar (Canva)


Dalam situasi seperti ini, memang sudah seharusnya kita selalu memperhatikan diri kita agar bisa terhindar dari virus atau penyakit. Nah, dalam situasi pandemi ini, berbagai platform sudah disediakan untuk mempermudah kita dapat berkonsultasi secara online dengan jarak jauh kepada ahlinya, yaitu dokter.

Platform tersebut adalah Telemedicine. Telemedicine adalah sebuah pemakaian telekomunikasi antara pasien dan dokter untuk bisa berkonsultasi keluhan pasien dan dokter memberikan pelayanan medis secara jarak jauh dan bisa mendapatkan resep serta obat gratis.

Telemedicine merupakan Observasi Global seri Health volume 2 yang dikeluarkan oleh (WHO) Organisasi Kesehatan Dunia. Kementrian Kesehatan (Kemenkes) juga ikut bekerja sama dalam menjalankan telemedicine ini untuk masyarakat yang memang sekiranya tidak bisa kerumah sakit, misalnya pasien Covid-19 yang melakukan Isolasi Mandiri dengan mendapatkan obat secara gratis.
 

Manfaat atau Fungsi Utama Telemedicine

Yang paling terlihat dengan adanya telemedicine ini, kita dipermudahkan untuk mendapatkan pelayanan medis atau fasilitas kesehatan dengan secara online.

Terumata, untuk masyarakat yang bertempat tinggal jauh dari Rumah Sakit atau Puskesmas dan orang-orang yang sedang melakukan isolasi mandiri, hal ini diterapkan agar masyarakat dapat cepat mendapatkan pelayanan kesehatannya.

Cara yang dipergunakan juga mudah, hanya dengan cara mendownload Aplikasi yang sudah disediakan, lalu sudah bisa melakukan konsultasi dengan dokter pilihan kita sendiri.


Baca Juga: Catat! Berikut Kontak Dokter yang Melayani Telemedis untuk Covid-19
 

Daftar Telemedicine dan Apotek

Kementrian Kesahtan dan Telemedicine bekerja sama dan hanya baru tersedia di DKI Jakarta yang dapat melakukan konsultasi secara gratis, sedangkan yang diluar DKI Jakarta itu perlu membaryar. Pelayanan tersebut ada dari :

1. Alodokter
2. GetWell
3. Good Doctor
4. Halocod
5. KlikGo
6. KlikDokter
7. Prosehat
8. SehatQ
9. Milvik Dokter
10. Link Sehat
11. YesDok



Dokter yang tersedia dalam berbagai daftar tersebut adalah dokter yang sudah terpercaya dan sudah mendapatkan izin untuk melalukan prakter secara online. Jika sudah mendapatkan resep obat, pasien langsung dapat memberikan resep tersebut kepada Kimia Farma terdekat atau bisa diantarkan oleh bagian dari Telemedicine ini.

So, untuk para Be-emers dan teman yang lainnya tidak usah panik lagi yah. Karena kita sudah diberikan fasilitas untuk bisa menjaga kesehatan kita dari jauh, dengan begitu dalam situasi seperti ini, kita juga bisa membantu nakes untuk dapat cepat memulihkan Indonesia kita!