Kinerja Sandal Crocs Pecah Rekor di Tengah Pandemi, Kok Bisa?

Kinerja Crocs Pecah Rekor Illustration Bisnis Muda - Canva

Kinerja Crocs Pecah Rekor Illustration Bisnis Muda - Canva


Siapa yang suka pakai sandal Crocs nih? Alas kaki merek Crocs yang sempat nge-trend di era 2000an, kini dikabarkan telah memecahkan rekor kinerjanya selama pandemi lho!

Pada perdagangan Kamis (22/7) lalu, saham Crocs diketahui telah lebih dari 10 persen! Hal itu terjadi seiring dengan kabar bahwa produsen alas kaki tersebut melaporkan rekor kuartalnya tahun ini.

Kok bisa sih?

Baca Juga: Victoria’s Secret Akan Dipisahkan dari Merek Induknya. Kenapa Ya?

 

Kinerja Crocs Pecah Rekor Illustration Bisnis Muda - Canva

Kinerja Crocs Pecah Rekor Illustration Bisnis Muda - Canva

 

Eksistensi Crocs di Tengah Pandemi

Kalau dulu atau sekarang kamu pakai sandal Crocs palsu, mending mundur dulu deh. Soalnya, meski hanya berbahan dasar karet, alas kaki merek Crocs punya harga yang lumayan mahal lho.


Alas kaki Crocs juga populer di kalangan koki dan profesional medis nih, Be-emers. Alhasil, dilansir New York Post, Crocs telah menjadi bahan pokok pandemi saat konsumen berkeliaran di sekitar rumah dengan berkeringat.

Diketahui dari data NYP, hingga 30 Juni 2021, penjualan Crocs melonjak 93 persen, menjadi US$640 juta. Sedangkan labanya tumbuh menjadi US$319 juta, naik lebih dari lima kali lipat dari US$57 juta di periode yang sama tahun lalu.

 

Tantangan: Crocs Asli VS Crocs Palsu

Sementara pendapatan dan popularitas Crocs naik, di sisi lain perusahaan yang berbasis di Colorado itu juga harus menghadapi tantangan lain: jumlah penirunya juga terus bertambah!

Seperti yang kita ketahui ya, di Indonesia saja nih, sandal Crocs palsu mudah sekali ditemui di sejumlah pusat perbelanjaan. Ternyata, hal itu juga terjadi di negara-negara lainnya lho.

Merespon fenomena tersebut, dikabarkan NYP, Crocs bakal menindak 21 perusahaan yang telah melanggar merek dagangnya. Salah satunya, yang menjual versi palsu dari sandal Crocs berwarna cerah di Walmart.

Di satu sisi, Crocs tengah menghadapi sengketa hak paten produk sandal dengan Dawgs. Bahkan, pertempuran merek dagang tersebut sudah terjadi selama 15 tahun!

Punya produk yang serupa, bikin keduanya bersaing ketat di pasar. Adapun, Dawgs diketahui merupakan lawan hukum Crocs yang paling tangguh atas hak paten dan merek dagangnya.

Gimana, sandal Crocs kamu asli atau palsu nih? Hihi