Olympiade 2021 Dimulai, Wanita Muda Indonesia Menangkan Medali Perunggu!

Gambar (Google.Komas.com)

Gambar (Google.Komas.com)

Like

Berbagai cabang Olahraga dimainkan di Olimpiade Tokyo 2021 di masa pandemi ini. Menarikya, cabang olahraga angkat besi berhasil dimenangkan oleh wanita muda cantik asal Indonesia, dengan mendapatkan medali perungu!

Bernama Windy Cantika Aisah, ia lahir di Bandung,11 Juni 2002. Windy menang dalam Kategori Lomba 49 kg Putri Rekor Angkatan Total: 194 kg Olimpiade Tokyo 2021. Ia pun berhasil mencetak prestasi dengan mendapatkan medali perunggu kelas 49 kg putri Olimpiade Tokyo 2021.

Hal itu pun membawa Windy Cantika berjaya di angkatan clean & jerk dan hanya tertinggal dari lifter asal China dan India.

Pada angkatan clean & jerk, Windy mampu mengangkat beban seberat 103, 108, dan 110 kilogram Sedangkan atlet angkat besi China dan India masing masing mengangkat beban terbaik seberat 116 dan 115 kilogram. Sementara itu pada angkatan Snatch, Windy juga tampil cantik dan semangat!

Dilansir dari Tempo.co, Windy bercerita bagaimana ia bisa menjadi seorang atlet muda dan awal mulanya bisa mengenal dunia atlet angkat besi.


Windy menuturkan, dulu mamanya juga merupakan atlet angkat besi dan menang di kejuaraan dunia lho! Saat mamanya latihan, Windy seringkalu diajak.

Namun, saat itu ia enggak dipaksa ikut latihan. Namun, saat ia beranjak dewasa, mamanya justru sering melatih dan menjadi wasit. Makany, Windy pun tertarik untuk ikut masuk olahraga angkat besi.

Bercerita soal masa lalunya, Windy mulau masuk atlet angkat besi pada 2018. Berawal dari tes untuk Olympic Youth, ia pun lolos di seleksi tersebut.

Namun, karena enggak punya wadah seperti klub, Windy pun batal berangkat ke Olympic Youth nih. Meski begitu, pada akhir Februari 2019, Windy mulai masuk pelatnas. Sejak tahun 2019, Windy pun mulai ikut kejuaran Dunia!
 

Respon Keluarga dan Rekor Windy Aisah

Windy menjelaskan, Ayahnya memang bukan atlet. Meski begitu, ia merasa peran orangtua dan keluarganya sangat mendukung dan mengizinkannya untuk menjadi atlet.

Kebetulan, kakak pertama Windy juga sudah menjadi wasit angkat besi nih. Sedangkan kakak keduanya, merupakan seorang pelatih.

Serunya, dikutip Tempo, Windy mengatakan kalau rumahnya juga dijadiin tempat latihan angkat besi untuk anak-anak kecil. Jadi enggak heran, Windy pun enggak bisa menampik kalau dirinya memang sudah tinggal di lingkungan yang hidupnya untuk angkat besi. 


Rekor Sepanjang 2019 yang di raih oleh Windy Cantika Aisah
  • Rekor dunia remaja di Kejuaraan Asia, Cina, April 2019 dengan angkatan snatch 80 kg, clean and jerk 97 kg dan total angkatan 177 kg.
  • Rekor dunia Kejuaraan Dunia Remaja 2019, Fiji, Juni 2019 dengan snatch 81 kg, clean and jerk 91 kg dan total angkatan 179 kg.
  • Rekor dunia Kejuaraan Dunia Junior dan Remaja 2019 di Korea Utara, Oktober 2019 dengan snatch 84 kg, clean and jerk 102 kg dan total angkatan 186 kg.
  • Rekor dunia junior dalam SEA Games 2019 dengan snatch 86 kg, clean and jerk 104 kg, dengan total angkatan 190 kg.

Dalam cabang olahraga yang digemari oleh Windy, ia sangat didukung oleh keluarganya. Sampai hari ini, Windy menjadi Atlet Angkat Beban yang cantik dan muda.

Baca Juga: Alternatif Lomba 17an, Permainan Ini Bisa Jadi Bahan Belajar Investasi Lho!