Sambil Kuliah, Bisnis Simple Ini Cocok Buat Kamu Para Mahasiswa!

Student Illustration - Canva

Student Illustration - Canva

Like

Ketika kamu memasuki fase perkuliahan, artinya kamu dianggap sudah dewasa. Meskipun kadang masih ada yang dapat kiriman uang jajan dari orang tua, bukan berarti kamu jadi manja dan ketergantungan.

Jika sumber pendapatan kamu cuma dari orang tua, kadang, kamu juga dituntut untuk selalu hemat. Namun, ada kalanya uang jajan kamu terpaksa habis sebelum waktunya. Nah, biasanya nih, kamu bakal langsung pusing tujuh keliling kan?

Jika enggak terlalu urgent kayak bayar kost dan listrik, hindari dulu untuk langsung pinjam uang ke teman. Mending, kamu coba untuk mulai berbisnis dari hal-hal sederhana di sekitar kamu.

Enggak perlu muluk-muluk, sebenarnya ada banyak peluang bisnis yang bisa kamu jalani sebagai mahasiswa lho!
 

Jasa Desain, Terjemahan, dan Editing Tugas Kuliah

Buat kamu yang jurusan Desain Grafis, Arsitek, Komunikasi, dan Sastra, selamat! Kamu bisa banget manfaatkan keahlian dan kebiasaan tugas kuliah kamu dalam hal mendesain, menerjemahkan, maupun editing, bahkan skripsi!

Namun, buat kamu yang bukan dari jurusan itu, bisa juga kok menjalani bisnis ini. Selama kamu punya skill yang memadai, kamu bisa mulai bisnis jasa ini.


Selain itu, kamu juga dinilai bakal lebih cuan karena enggak perlu mengeluarkan modal besar. Yang penting, kamu bisa bagi waktu dengan tugas kuliah kamu juga ya!
 

Sewa Toga dan Foto Wisuda

Momen wisuda adalah momen yang sangat dinanti-nanti oleh mahasiswa pada umumnya. Pokoknya, kalau sudah masuk tahap ini, mahasiswa biasanya bakal totalitas!

Nah, momen ini bisa kamu manfaatkan buat jadi peluang cuan nih. Namun, kamu perlu tambahan modal buat punya satu set lengkap toga dan kamera.

Untuk sewa toga wisuda, pastikan kamu punya jaminan buat antisipasi penipuan. Misalnya, kamu mewajibkan calon konsumen buat meninggalkan identitas diri kayak KTP atau SIM.
 

Jastip (Jasa Titip)

Bisnis ini cuma bermodal smartphone dan kepercayaan. Buat kamu yang suka belanja atau jalan-jalan, bisnis ini cocok banget buat kamu jalani di masa perkuliahan.

Soalnya, kamu enggak perlu mengeluarkan modal awal. Kamu cukup posting barang yang mau dijual, dengan metode jasa titip, dan tunggu para pelanggan kamu memesan. Jika sudah, kamu tinggal belikan barang titipan mereka dengan setoran yang juga sudah dikirim.