Ide Bisnis Untuk Menjadi Sukses, Cek Disini

Satu ide untuk 100 juta bisnis (Sumber gambar: Bisnis.com)

Satu ide untuk 100 juta bisnis (Sumber gambar: Bisnis.com)

Like

Secara global, setiap tahunnya sekitar 100 juta bisnis diluncurkan oleh masyarakat mendunia untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, peluang untuk menghasilkan ide unik dalam suatu bisnis itu sangatlah kecil.

Tantangan seperti ini menjadi para pembisnis besar dan kecil melakukan strategi untuk mencukupi kebutuhan baru pelanggan mereka.

Dilansir melalui Entrepreneur, pelanggan yang berkurang serta adanya krisis ekonomi menunjukkan ide bisnis yang gagal. Karena ide yang dulunya dianggap berhasil belum tentu efektif untuk sekarang.

 

Ide yang memecahkan masalah baru

Ide yang memecahkan masalah baru

Mitra pendiri CFO dari Loeb.nyc, Rich Vogel percaya bahwa calon pendiri bisnis perlu menemukan keseimbangan antara melayani konsumen selama krisis dan memastikan produk mereka akan tetap bernilai lima tahun dari sekarang. 

Artinya, pendiri bisnis harus mampu menciptakan ide sekreatif mungkin agar tidak  mandeg di tengah-tengah.


Berikut ide jual yang dapat mewujudkan bisnis Anda menjadi sukses.

Ide Yang Dapat Memecahkan Masalah Baru

 

More idea : Memecahkan Masalah

More idea : Memecahkan Masalah


Dinamika pasar pasti berubah-ubah, ketika perubahan itu terjadi, Anda harus berkonsentrasi pada konsumen.

Menurut Accenture, tren konsumen yang muncul saat ini antara lain orang-orang berbelanja secara lebih sadar diri, membeli produk dari pengecer lokal dan menggunakan teknologi digital untuk menghubungkan satu sama lain.

Dengan pendapat tersebut, menjadi pertimbangan untuk pendiri bisnis memikirkan kesulitan apa yang mungkin dihadapi oleh pelanggan. Bisa jadi itu berupa biaya produk yang berkelanjutan terlalu tinggi atau bisa juga orang-orang baru yang memiliki keraguan dengan privasi online.

Anda dapat memperbaiki proposal bisnis Anda dengan menempatkan diri Anda pada posisi target pasar. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan kehidupan mereka sesuai dengan kebutuhan mereka. Sehingga sewaktu-waktu mereka akan rindu dengan pelayanan yang Anda berikan kepada mereka.

Selain itu, ketika berbicara tentang mengartikulasikan nilai bisnis Anda ke orang lain, jangan takut untuk menceritakan pengalaman Anda kepada orang lain. Ceritakan bagaimana Anda berjalan dengan produk Anda sehingga membantu Anda melalui skenario tertentu.


Memecahkan Masalah Bisnis Dengan Cara Yang Baru

 

New solution

New solution


Beberapa perusahaan akan mendapatkan keunggulan yang kompetitif dengan mengatasi suatu masalah dengan pendekatan baru. Banyak masalah konsumen bahkan sejak sebelum masa pandemi ini masih perlu ditangani. Sehingga ekspetasi konsumen tidak berubah.


Pendiri Bisnis Harus Memiliki Langkah Awal Yang Baik

Untuk mendapatkan ide yang langka, tentu berawal dari niat dan pikiran yang langka pula. Maka seorang pendiri bisnis harus memiliki langkah awal yang baik dalam menentukan, membuat dan menjalankan ide tersebut. 

Banyak yang berasumsi, karena dianggap mampu memiliki solusi bukan berarti memiliki keunggulan yang dapat melawan pesaing. Anda harus mampu memelopori ide dan pastikan pesaing tidak dapat menduplikasi bisnis Anda. 

Semakin Anda mengembangkan ide bisnis Anda, semakin baik Anda menyesuaikan agar relevan, terutama di Era New Normal.


Anda Harus Menawarkan Sesuatu Yang Baru

Anda, jaringan Anda, cerita Anda, latar belakang Anda, harus memiliki nilai yang unik yang tidak dimiliki oleh pesaing Anda lainnya. Untuk memastikan hal tersebut, Anda harus bertanya kepada diri Anda sendiri. Apakah ide tersebut sudah terealisasi? Dan apakah Anda sudah siap untuk saat ini?

Lihat kembali koneksi, pengalaman dan sumber daya yang telah Anda bangun selama ini. Buatlah mitra yang pesaing Anda tidak miliki. Mulailah percakapan dengan mereka, ceritakan produk Anda, dan manfaatkan keahlian mereka untuk memecahkan masalah dan berinovasi yang baru dari kebiasaan lama.

Mulailah perjalanan Anda dengan menentukan ide yang unik yang dapat membangun bisnis Anda dengan memberikan nilai kepuasan kepada konsumen atau pelanggan Anda.