Selain “Close Friend”, Berikut Fitur Instagram Lainnya!

Instagram Logo Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Instagram Logo Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

Pembahasan terkait fitur Close Friend pada Instagram kini sedang ramai diperbincangkan. Tak sedikit pula yang mulai mempertanyakan keamanan dari fitur tersebut.

Banyak pula media yang memberikan bahan literatur terkait fitur Close Friend itu. Kendati demikian, memang terbilang riskan terhadap proses kurasi dari Close Friend.

Proses kurasi yang dilakukan memang harus dilakukan sebaik mungkin agar meminimalisir hal – hal yang tidak diinginkan terjadi.

Fitur Close Friend di Instagram yang dirilis pada Desember 2018 ini pun terbilang seringkali digunakan pada beberapa kesempatan tertentu yang bersifat sedikit lebih privasi dari aktivitas biasanya.

Memang harus di akui bahwa Instagram itu sendiri cukup memiliki traffic yang tinggi terutama di Indonesia. Hal tersebut didasari karena Instagram yang mampu menyinergikan audio dan visual secara maksimal dan terlepas lagi bahwa perkembangan dari Instagram pun sangat cepat terutama pada fitur – fitur baru yang hadir.


Akan tetapi, sebenarnya masih banyak lagi lho fitur lainnya yang ditawarkan oleh Instagram!


Fitur Lain Pada Instagram

  • Reels
    Fitur ini dirilis pada 5 Agustus 2020. Namun kehadiran fitur ini bersifat bertahap di setiap negaranya. Fitur ini terbilang baru hadir di Indonesia pada 2021. Reels ini merupakan fitur kumpulan visual yang bersifat video singkat yang dapat dikombinasikan dengan musik atau filter tertentu.

    Fitur Reels ini pun memiliki gambaran yang kurang lebih sama dengan TikTok. Hampir serupa, jika fitur Reels ini diunggah akan juga terlihat pada profil pengguna layaknya seperti foto dan IGTV.
     
  • Professional Dashboard
    Fitur ini hadir pada awal 2021 dengan sistematika sebagai tab yang membantu para kreator untuk mengembangkan bisnis dan memantau performa dari bisnis itu sendiri. Faktor yang terdapat pada fitur ini mulai dari promosi, kinerja keseluruhan hingga persetujuan konten.
     
  • Shopping
    Instagram Shopping atau yang biasa terdapat pada kolom Shop ini ialah serangkaian fitur di Instagram yang memudahkan konsumen berbelanja produk yang terpampang di foto dan video serta langsung dari aplikasi di mana pun mereka berada.
    Proses kurasi terbilang cukup lengkap mulai dari nama toko, label produk, koleksi, halaman detail produk, iklan dengan label produk, belanja dari kreator hingga live shopping.
     
  • Insight
    Fitur insight ini ialah sebuat alat analisis asli yang menyediakan data tentang demografi dan tindakan followers serta konten yang telah diunggah. Informasi ini memudahkan untuk mengetahui engagement dan membandingkan konten, mengukur kampanye dan melihat bagaimana kinerja setiap postingan. Akan tetapi, fitur ini dapat diaktifkan ketika sudah dirubah dari personal account menjadi menjadi creator account.
     
  • Instagram Ads
    Fitur dari Instagram Ads dikeluarkan pada 24 Oktober 2013 dan langsung mendapatkan respon yang baik dari para pelaku bisnis. Fitur iklan di Instagram ini terbilang memiliki minat yang tinggi dikarenakan fitur ini terbilang serupa dengan postingan biasanya sehingga tidak terlihat agresif. Hal penting lainnya ialah fitur ini dapat memilih sistem targeting mulai dari lokasi, usia, jenis kelamin hingga minat.