Deretan Sengketa yang Pernah Dialami Disney

Ilustrasi Gambar Disney (Canva.com)

Ilustrasi Gambar Disney (Canva.com)

Like

Siapa yang sudah menunggu rilisnya film Black Widow? Nah, karakter Black Widow atau Natasha Romanoff memang cukup banyak difavoritkan oleh sebagian besar masyarakat.

Tidak heran, kalau mereka sangat menantikan film yang khusus membahas latar belakang Natasha, yang sebelumnya diceritakan tewas demi mendapatkan “soul stone” di film Avengers: End Game. Namun, dalam proses penayangannya, terjadinya permasalahan.

Penayangan film tersebut tidak berjalan dengan lancar, karena adanya penyalagunaan waktu yang akhirnya membuuat Scarlett Johansson menggugat Walt Disney ke Pengadilan Tinggi Los Angeles, California, Amerika Serikat. Johansson menggugat Disney atas kasus pelanggaran kontrak kerja sama yang telah dibuat secara bersamaan.

Nah, sebenarnya Disney juga pernah diketahui bersengketa dengan pihak lain lho!
 

Sengketa Program "Who Wants to Be a Millionaire"

Tidak hanya itu, pada Acara "Who Wants to Be a Millionaire", Disney juga tercatat memiliki kasus.

Walt Disney diketahui diharuskan membayar denda dengan jumlah 270 juta dolar kepada Celador Entertainment, rumah produksi acara “Who Wants To Be A Millionaire” karena membayar keuntungan yang disiarkan di TV game show tersebut.


Celador Entertainment telah menggugat Disney dan membawa kasus sengketa tersebut ke pengadilan Riverside, California. Disney diklaim berhutang hingga 50 persen dari penyalagunaan acara game show di AS.
 

Disney VS Sony

Ada juga nih konflik yang terjadi pada Disney-Sony, hingga sempat membuat aktor 'Spider-Man' stres. Permasalahannya, terjadi sengketa tentang pendanaan dan pembagian hasil film Spider-Man yang melibatkan Disney dengan Sony.

Saat itu, Disney dan Sony memutus kerja sama sehingga Spider-Man tidak akan muncul dalam film Marvel Cinematic Universe (MCU). 

Dilansir dari CNN Indonesia, aktor Tom Holland pun merespon sengketa Disney dengan Sony tersebut dan mengatakan, "Saya yakin ada beberapa hal yang diatur dalam kontrak bahwa saya tidak bisa berkata apa-apa, jadi saya hanya akan tutup mulut”.

Beruntungnya, pemutusan kerja sama tersebut hanya berlangsung kurang lebih satu bulan. Pada akhir September kemarin, kedua perusahaan Hollywood itu menyatakan kembali untuk  bekerja sama  

Saat ini, film ketiga seri Spider-Man tersebut sudah mendapatkan jadwal tayang, yakni 16 Juli 2021. Dengan begitu, Spider-Man menjadi salah satu dari enam film dalam MCU fase keempat.
 

Sengketa Tes Covid-19 Disney World Florida

Enggak cuma dalam hal produksi film, Disney juga pernah terlibat sengketa tes Covid-19 nih. Hal itu terjadi antara para aktor dengan pengelola Walt Disney World Florida terkait pengujian berkala virus corona (Covid-19) telah terselesaikan.

Pada mulanya, Walt Disney Co melakukan pengujian virus Covid-19 secara bertahap yang dilakukan kepada anggotannya dengan cara tidak menggunakan masker lagi saat melakukan aksinya dengan menyediakan ruang di luar Walt Disney World.

Ini dilakukan guna untuk mendukung pameran dan komunitas lainnya. Masalanya, Walt Disney yang kembali dibuka pada 11 Juli lalu itu memungkinkan pengunjung yang dibatasi dan mejaga jarak.

Sedangkan Disney punya asosiasi aktor yang beranggotakan sekitar 750 pemain di taman bermain tersebut. Berbagai pertunjukan seperti Indiana Jones Stunt Spectacular dan Beauty and the Beast Live on Stage menjadi yang cukup populer di Disney World.

Sengketa Disney apa lagi yang kamu tahu?

Baca Juga: 
Disney Cruise Line Tunda Uji Pelayaran Kapalnya, Kenapa Ya?