Teknik Mudah dalam Menulis

Teknik mudah dalam menulis (Sumber gambar: tempoinstitut.com)

Teknik mudah dalam menulis (Sumber gambar: tempoinstitut.com)

Like

Menulis merupakan sebuah proses menghasilkan karya yang berasal dari pikiran kita. Jadi, kegiatan ini bukanlah perkara atau aktivitas yang sembarang orang lakukan.

Dilansir dari penerbitdeepublish.com, ada beberapa teknik dalam menulis yang harus dikuasai untuk membuat tulisan agar mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca, antara lain:
 

Jenis Tulisan

Jenis tulisan merupakan suatu bentuk karya yang harus ditentukan sebelum membuat tulisan. Misalnya, jenis tulisan yang akan dibuat apakah berupa opini, fakta atau sekedar imajinasi untuk menghibur pembaca? 

Nah, penentuan jenis tulisan ini lah yang berpengaruh pada hasil tulisan nanti. Dengan begitu, hasil tulisan pun juga dapat menentukan apakah jenis tulisan kita untuk pembaca kalangan anak-anak atau dewasa.
 

Pertimbangan Pembaca

Pertimbangan pembaca adalah respons dari para pembaca secara menyeluruh dari tulisan kita. Artinya, hal ini juga sangat penting untuk menentukan tulisan apa yang kita buat untuk memenuhi kebutuhan para pembaca.

Selain itu, pertimbangan pembaca juga bisa menjadi poin kita untuk membuat tulisan yang sebelumnya belum pernah ada informasi yang disampaikan.
 

Orientasi Publik

Orientasi publik juga sangat penting dalam mempengaruhi hasil tulisan. Orientasi publik merupakan tahapan penulis untuk menentukan target pembaca. 

 

Menentukan Tema dan Ide Tulisan

Menulis memang tidak lepas dari sebuah ide pokok pikiran/tema. Karena tema sendiri merupakan pokok pikiran  yang menjadi landasan dalam sebuah tulisan atau materi yang akan dibahas dalam tulisan kita.

Penulis dapat menentukan tema atau ide tulisan dengan melakukan riset atau observasi guna mengembangkan informasi. Sehingga tulisan pun akan lebih berisi dan sesuai dengan kebutuhan para pembaca.
 

Mengembangkan Ide

Setelah ide kita dapatkan, langkah selanjutnya ialah mengembangkan ide. Dengan memiliki keterampilan dalam penggunaan bahasa, penulis akan lebih mudah dalam mengembangkan ide menulisnya.
 

Unsur Tulisan

Unsur tulisan merupakan hal yang tidak terlepas dalam menulis. Seperti isi, gagasan, tatanan, tuturan dan wahana. Dari unsur tulisan inilah yang menentukan kalimat yang kita buat baik atau buruk. 

Kalimat yang baik adalah kalimat yang efektif sehingga mempermudah pembaca membaca tulisan yang kita sampaikan.
 

Gaya Tulisan

Tidak hanya dalam kehidupan saja yang membutuhkan gaya, menulis juga membutuhkan gaya agar semakin menarik tulisan kita untuk dibaca. 

Gaya penulisan ini juga lah yang menentukan penulis membuat tulisan untuk sekedar menyampaikan, membujuk atau menghibur.
 

Ejaan

Ejaan adalah penggambaran bunyi bahasa dalam sebuah tulisan serta penggunaan tanda baca yang sesuai. Penentuan ejaan ini juga penting bagi penulis agar pembaca dapat memahami tulisan.
 

Penyuntingan

Hal yang terakhir ini tidak jauh lebih penting. Ketika tulisan telah selesai, maka penulis harus melakukan penyuntingan agar penulis dapat memastikan bahwa tulisannya sudah jauh dari kata-kata typo atau kalimat yang tidak beraturan.

Dengan melakukan penyuntingan, hasil tulisan akan dapat menyampaikan pesan dengan baik yang mudah dipahami oleh pembaca.

Sudah mulai menuliskah kamu hari ini?

Yuk coba ikuti teknik menulis di atas! Semoga bermanfaat :)