Kerja 4 Hari Lebih Produktif dan Sudah Dibuktikan oleh Microsoft Jepang Lho!

Microsoft (Sumber gambar: Image by efes from Pixabay)

Microsoft (Sumber gambar: Image by efes from Pixabay)

Like

Tiap negara memang memiliki efektivitas bekerja yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri kerja efektif itu umumnya 5 hari dengan total 40 jam/minggunya.

Berbeda halnya dengan Jepang. Microsoft Jepang melakukan eksperimen selama satu bulan untuk mencari tahu apakah dengan 4 hari kerja dalam satu minggu itu membuat karyawannya menjadi lebih produktif atau justru bikin kerjaannya makin terbengkalai?

Untuk mendapatkan hasil eksperimen ini, diambil sampel sebanyak 2300 karyawan yang mana ini dilakukan dari bulan Agustus melalui program Work Life Choice Challenge, yang mana selama 1 bulan hanya terdiri dari 16 hari kerja dan sisanya libur kerja yang bahkan bisa sampai 12 hari.

Hasilnya, Microsoft Jepang mencatat terjadinya kenaikan produktivitas karyawannya hampir mendekati 40 persen. Hal ini diamati dari penjualan per karyawan yang rata-ratanya itu naik 39,9 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Di satu sisi, produktivitas ini juga berpengaruh ke berbagai  faktor lainnya. Seperti, turunnya biaya listrik hingga 23,1 persen dari penggunaan bulan sebelumnya.


Di samping itu, eksperimen ini juga bertujuan untuk mempromosikan waktu kerja yang lebih sehat lagi. Terbukti, bahwasanya dengan 4 hari kerja ini 92,1 persen karyawannya lebih bebas dari stress yang dikarenakan deadline kerja.

Positifnya, ini akan menurunkan masalah kesehatan kerja hingga bisa menurunkan biaya asuransi kesehatan.

Menurut Presiden dan CEO Microsoft Jepang Takuya Hirano,

“Saya mau karyawan memikirkan bagaimana mereka bisa mencapai hasil yang sama dengan waktu kerja yang 20 persen lebih sedikit,”.


Faktanya, itu dapat dibuktikan dalam eksperimen ini. Buat be-emers yang mungkin sudah punya usaha dan karyawan, bisa dicoba nih :)

Baca Juga: Yuk, Kepoin Rahasia Kesuksesan Bill Gates