Berapa Sih Budget Yang Dibutuhkan untuk Endorse Idol K-Pop?

Chanyeol EXO Illustration Web Bisnis Muda -  InsertLive

Chanyeol EXO Illustration Web Bisnis Muda - InsertLive

Like

Angkat tangan yang tinggi kalau kamu penggemar berat K-Pop! Nggak bisa dipungkiri ya, Be-emers, idol K-Pop memang banyak yang menginfluence dan menjadi role model masyarakat di seluruh dunia.

Dengan masifnya penggemar yang dimiliki oleh idol K-Pop, hal ini menjadi peluang sempurna bagi mereka untuk menghasilkan cuan dari endorsement dan iklan dari brand-brand ternama.

Karena popularitas mereka yang setinggi langit, tak jarang perusahaan pun rela merogoh kocek tinggi demi membayar para idol K-Pop untuk mengiklankan produk/layanan mereka. Bahkan, bayaran mereka bisa menyentuh angka miliaran, lho!

Siapa aja sih idol K-Pop dengan endorsement rate termahal? Yuk kita simak deretannya!
 

Lisa ‘BLACKPINK’

Gadis asal Thailand dengan nama lengkap Lalisa Manoban ini menempati posisi teratas dengan biaya endorsement termahal, lho! Dengan followers Instagram @lalalalisa_m sebanyak 57,2 juta membuat Lisa menjadi member BLACKPINK dengan followers terbanyak.

Lisa telah bekerja sama dengan berbagai brand, teruma brand-brand mewah seperti Celine dan Bvlgari. Nah, dilansir dari Seoulz, bayaran Lisa untuk satu kali posting mencapai USD 1,5 juta atau setara dengan Rp 21,5 miliar. Kalau dihitung, Lisa berhasil menambah kekayaannya hingga USD 80,9 juta atau Rp 1,1 triliun!

 

Rose ‘BLACKPINK’

Berada di urutan kedua, Rose juga mendapatkan bayaran mahal lho untuk setiap unggahan foto bersponsor di akun Instagramnya, salah satunya kolaborasi bersama Tiffany & Co.

Berbekal followers sebanyak 44,4 juta di Instagram @roses_are_rosie, Rose memiliki tarif endorsement sebesar USD 1,1 juta atau sama dengan Rp 15,8 miliar!
 

Jennie ‘BLACKPINK’

Member BLACKPINK yang satu ini sering dijuluki dengan panggilan ‘Human Chanel’. Jennie berkolaborasi dengan Chanel sejak tahun 2020 lalu. Dalam kerja sama ini, ia dibayar sekitar USD 28,5 juta atau setara dengan Rp 409 miliar. 

Dengan followers sebanyak 49,3 juta di akun @jennierubyjane, untuk satu postingannya, Jennie mendapatkan USD 1,05 juta yang senilai dengan Rp 15 miliar!
 

Jisoo ‘BLACKPINK’

Mengikuti jejak member BLACKPINK lainnya, Jisoo memili followers Instagram yang juga cukup banyak, yaitu sekitar 44,4 juta orang. Jisoo juga menjadi brand ambassador dari Dior. Dari kolaborasi ini, ia berhasil meraup USD 64,8 juta atau sekitar Rp 930 miliar!

Jika dihitung rata-ratanya, penghasilan Jisoo setiap kali mengupload foto endorsement yaitu sebesar USD 910 ribu atau setara dengan Rp 13,07 miliar!
 

Chanyeol ‘EXO’

Move on ke yang ganteng, yuk! Dengan followers sebanyak 23,3 juta di Instagram @real__pcy, Chanyeol sering menjalin kerja sama dengan brand-brand ternama. Dari kolaborasi tersebut, ia bisa meraup penghasilan hingga USD 450 ribu yang senilai Rp 6,4 miliar per posting.
 

Irene ‘Red Velvet’

Nah, cewek satu ini pernah jadi brand ambassador dari Prada, lho! Kerja sama tersebut membuat Irene berhasil mendapatkan USD 1,98 juta atau setara dengan Rp 28,4 miliar.

Berbekal followers Instagram @renebaebae sebanyak 8,2 juta, per postingan yang diunggah Irene dihargai sebesar USD 400 ribu, setara dengan Rp 5,7 miliar.
 

G-Dragon ‘BIG BANG’

The last on this list, G-Dragon! Saat ini, G-Dragon memiliki followers sebanyak 55,3 ribu di akun Instagramnya @xxibgdrgnnxx. Sama seperti Jennie, ia sudah menjadi brand ambassador Chanel sejak tahun 2020, dan berhasil meraup penghasilan sebesar USD 4,92 juta atau Rp 70 miliar.

Salah satu unggahannya mendapat viewers sebanyak 12 juta kali, lho! Karenanya, ia berhasil mengantongi USD 350 ribu atau kurang lebih setara dengan Rp 5 miliar.

Wah, liat cuannya, bikin kepengen jadi idol K-Pop nggak nih, Be-emers?