Ini Kata Dokter Gizi Jumlah Porsi Buah yang Wajib Dikonsumsi

Manfaat buah (Sumber gambar: kompas.com)

Manfaat buah (Sumber gambar: kompas.com)

Like

Di masa pandemi ini, salah satu cara agar kesehatan tubuh tetap terjaga ialah dengan mengonsumsi buah-buahan setiap harinya. Karena dengan mengonsumsi buah, akan sangat baik untuk menjaga imunitas atau daya tahan tubuh terutama di tengah pandemi ini. 

Pertanyaannya, berapa porsi sih kita harus makan buah-buahan tiap harinya?

Dilansir dari parapuan.co, dr. Florentina M. Rahardja, M.Gizi, Sp. GK, menyampaikan bahwa dimasa pandemi ini mengonsumsi buah harus ditingkatkan.

Ia menyarankan untuk mengonsumsi buah lima atau enam porsi per harinya, yang mana makan buah sesering mungkin dengan porsi yang terbagi. 

Mengapa mengonsumsi buah itu penting? 


Sebagaimana menurut dr. Florentina, buah juga berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Ia juga menegaskan bahwa peran mineral dan vitamin itu luar biasa dalam tubuh manusia. 

Menurutnya, tubuh kita harus cukup akan kebutuhan vitamin dan mineral. Hal ini supaya produksi energi dalam tubuh berjalan dengan baik. 

Selain itu, vitamin dan mineral akan bekerja dalam pembentukan sel dan juga hormon. Bahkan, mikronutrien yang ada pada buah-buahan sangat penting untuk replikasi DNA.

Baca Juga: Hati-hati! Jangan Sembarangan Konsumsi Buah Naga saat Kondisi Tubuh Seperti Ini!