Anjuran Presiden Joko Widodo, Harga Tes PCR Menurun!

Ilustrasi Gambar Tes PCR - Bisnis Muda - Canva.com

Ilustrasi Gambar Tes PCR - Bisnis Muda - Canva.com

Like

Kementerian Kesehatan dan Presiden Joko Widodo sudah membuat kesepakatan bersama untuk melakukan pengecekan dan pengurangan harga dalam test PCR.

Beberapa hari lalu, Presiden Jokowi sudah menetapkan harga tes PCR tidak boleh lebih dari Rp 550.000. Jokowi meminta harga tes PCR untuk Covid-19 ditetapkan menjadi harga sekitar Rp450.000 – Rp550.000 saja.

Harga tes PCR ini merupakan tarif resmi yang diberlakukan farmasi ini di 29 cabang yang tersebar yaitu di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bandung. Harga tes PCR baru ditetapkan 2 hari lalu, yaitu pada tanggal 17 Agustus 2021 yang bertepatan pada hari kemerdekaan 76 Tahun Indonesia.

Dengan Rincian Harga Tes Covid-19 :

- PCR swab test
Rp 495 ribu


- Swab antigen
Rp 85 ribu (regular)
Rp 125 ribu (Abbott Panbio)


Adapun, Harga tes PCR di setiap bandara sudah turun, Farmalab menurunkan tarif menjadi Rp125.000 di seluruh bandara yang dikelola AP II, antara lain :
  • Bandara Soekarno-Hatta dibuka 24 jam di Terminal 2 dan Terminal 3
  • Bandara Husein Sastranegara dibuka pukul 07.00 - 16.00 WIB

Selain itu, Bumame Farmasi telah berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam memberlakukan harga tes PCR dengan harga yang sudah ditentukan oleh Presiden Jokowi. Diketahui, tarif yag berlaku di Bumame Farmasi antara lain :
  • PCR Swab Test hasil 24 jam: Rp495.000
  • PCR Swab Test hasil 16 jam: Rp750.000
  • PCR Swab Test hasil 10 jam: Rp900.000

Dilansir dari Tempo.co, sejumlah rumah sakit seperti Rumah Sakit Siloam, sudah mulai menetapkan harga tertinggi tes PCR Swab Test. Di situs resmi Siloam, disebutkan bahwa Siloam harga tersebut sudah berlaku sejak kemarin.

Selain itu, pihak Rumah Sakit Siloam juga menjanjikan hasil tes bisa keluar dalam waktu 1x24 jam. Selain itu, Rumah Sakit Pelni -yang juga dapat diakses melalui aplikasi HaloDoc, dikabarkan telah menurunkan harga tes PCR dengan hasil 1 hari kerja menjadi sebesar Rp 490 ribu.

Begitu juga dengan Laboratorium Helix, yang memiliki sejumlah cabang terpantau, diketahui telah menurunkan harga tes PCR menjadi Rp 495 ribu. Di sisi lain, pihaknya juga menyediakan fasilitas tes PCR dengan hasil same day (di hari yang sama) dengan biayanya sebesa Rp.795 Ribu.

Adapun, enggak hanya harga tes PCR yang turun. Harga reagen, alat kesehatan, dan bahan medis serta kesehatan yang sudah habis pakai juga kini sudah dapat dikendalikan oleh pemerintah.