Panasonic Corp Bakal Relokasi Pabrik di Thailand ke Indonesia

Washer Illustration - Canva

Washer Illustration - Canva

Like

Buat memproduksi produk elektroniknya, Panasonic Corp berencana bakal relokasi pabriknya yang berbasis di Thailand ke Indonesia lho! Relokasi ini rencananya akan mulai dilakukan Oktober 2020.

Bogor, jadi pilihan lokasi untuk relokasi pabrik Panasonic di Indonesia. Rencananya, pabrik Panasonic tersebut bakal digunakan untuk memproduksi kulkas dan mesin cuci.

Selain itu, relokasi pabrik yang dilakukan ini untuk memenuhi kebutuhan pasokan produk elektronik ke wilayah Hongkong dan Jepang. Adapun, rupanya relokasi pabrik Panasonic, bukan cuma dari Thailand doang.

Satu pabrik lain dari Malaysia juga rencananya bakal relokasi ke Indonesia. Selain itu, relokasi pabrik dari Thailand ini sebelumnya juga telah dilakukan oleh Panasonic ke Vietnam.

“Relokasi pabrik dari Thailand tidak hanya ke Vietnam, tetapi juga ke Indonesia,” kata Stafsus Kepala BKPM Rizal Calvary Marimbo, dikutip dari Bisnis.com


Diketahui, Panasonic Corporation ini memang berpusat di Osaka, Jepang, Be-emers. Nah sejak tahun 1961, dilansir dari laman Panasonic, perusahaan elektronik kelas dunia ini mulai mendirikan pabrik khusus wilayah Asia Pasifik pertamanya di Thailand.

Di Indonesia sendiri, nama Panasonic lekat banget sama sosok Drs. H. Thayeb Moh. Gobel. Bermula dari produksi radio tjawang yang fenomenal, Panasonic bisa dibilang jadi pelopor produk elektronik keren di Indonesia nih.

Baca juga: Radio Cawang: Bisnis Antik Kriya Nusantara Lewat Mahakarya Gobel