Impian Banyak, Tapi Belanja Online Juga Banyak. Harus Gimana Dong?

Image by athree23 from Pixabay

Image by athree23 from Pixabay

Like

Sebagai seseorang first jobber, tentunya sangat senang bisa memiliki pendapatan sendiri. Namun, sayangnya setiap kali gajian, tidak sedikit dari kita yang menghabiskan uangnya untuk belanja online di e-commerce. Tiap liat barang unik di e-commerce, gak butuh sih, tapi gemesh, comel, gak tau untuk apa, gas aja beli deh.

Padahal masing-masing kita tentu mau punya banyak tabungan untuk mewujudkan impian-impiannya. Seperti punya rumah, mobil pribadi, naik haji/umroh dan impian-impian lainnya. Tapi, kalau masih hobi belanja online tanpa bisa mengontrolnya, bagaimana impian-impian itu bisa terwujud? Tentulah kita harus mulai mengubah kebiasaan buruk itu.
 

Mulai mengubah kebiasaan buruk

Mengubah kebiasaan hobi belanja online bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti kita ga bisa move on dari kebiasaan boros tersebut. Yang terpenting kita memiliki niat dan tujuan yang kuat dulu untuk berubah. Terkadang kita harus berani mengambil langkah kecil demi bisa memberikan dampak yang besar dalam hidup kita. Ada  beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengubah kebiasaan boros atau buruk tersebut.
 

Melakukan pertimbangan sebelum membeli sesuatu

Sebelum memutuskan untuk beli suatu barang, sebaiknya tanya dulu ke diri kita, apakah kita benar-benar butuh atau hanya keinginan sementara saja. Harusnya, kita bisa lebih bijak dalam manage uang kita dengan mengurangi pembelian barang yang tidak begitu dibutuhkan.
 

Menyisihkan uang untuk ditabung

Intinya, list dulu kebutuhannya, lalu tabung baru sisanya diatur untuk biaya keinginan, jangan malah sebaliknya. Seberapa besar uang yang ingin ditabung bisa kamu sesuaikan sendiri, ya. Misalnya,  80% kebutuhan, 10% ditabung dan 5% untuk kebaikan.
 

Mulai berinvestasi

Selain ditabung, kamu juga perlu belajar investasi. Investasi dapat membantu kamu untuk meraih seluruh impian kamu. Salah satu jenis instrumen investasi yang bisa kamu pertimbangkan adalah investasi reksadana. Kenapa  reksadana bukan yang lain? Karena reksadana sudah dikelola oleh pihak profesional yang disebut Manajer Investasi (MI).

Disatu sisi, tidak adanya pajak dan keuntungan yang diatas inflasi membuat kamu lebih senang karena uang itu bekerja untuk membantu goal hidup kamu. Jadi, walaupun kamu investor pemula, kamu gak perlu pusing dalam manage dana investasi kamu.


Mulailah dari kebiasaan kecil yang baik bangun konsistensi dan disiplin untuk bisa mewujudkan impian-impian kamu, ya!