The New Nor-MICE, Program Kemenparekraf Beri Insentif untuk Industri MICE

Meeting, Incentive, Convention and Exhibition Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Meeting, Incentive, Convention and Exhibition Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Bantuan Insentif Pemerintah serta dana hibah akan disalurkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi.

Salah satu dari banyak sektor yang terimbas dari pandemi Covid-19 adalah bisnis MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition).

Terkait hal tersebut, sejumlah program pemulihan parekraf telah diumumkan oleh Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sandiaga mengatakan bahwa BIP sudah masuk ke dalam tahap kurasi final dan dengan koordinasi pihak penerima diharapkan sudah cair pada akhir Agustus.

Setelah Kementerian Keuangan dan Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional mereview rancangan tersebut, dana hibah yang tahun lalu diberikan, sekarang sedang dalam proses menjadi Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pariwisata.


Sandiaga memiliki harapan agar dapat segera direalisasikannya bantuan tersebut karena usaha MICE kini dalam keadaan terpuruk. Dengan mempertahankan bisnis sekaligus mencegah adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) diyakini mampu memberikan bantuan.

Ia juga berharap bahwa pada kuartal ketiga ini mereka siap, sehingga bisa segera diberikan. Karena bagi yang bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, keadaan sudah sangat berat sekali.

Kegiatan masyarakat akan kembali dilonggarkan sejalan dengan terkendalinya kasus-kasus Covid-19, dengan mengacu pada protokol kesehatan yang ketat dan disiplin berbasis CHSE, yaitu Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability.

Konsep yang akan diterapkan adalah concierge dan akan dijembatani terutama dengan polisi dan Satgas Covid-19. Untuk bagian finansialnya, model kerja mereka akan mengarahkan kegiatan-kegiatan yang memberikan stimulus ekonomi.

Ia sangat yakin bahwa sektor parekraf nasional, khususnya bisnis MICE dapat bertahan melewati badai pandemi covid-19 dapat dilalui dengan novasi, adaptasi dan kolaborasi. Sandiaga berharap kebersamaan tersebut dapat meningkatkan resiliensi dan dapat disebut Indonesia Tangguh.