Kesepakatan Disney dengan Serikat Pekerja Terkait Vaksin Mendapat Sorotan, Ada Apa?

Kesepakatan Vaksin Disney dengan Serikat Pekerja Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Kesepakatan Vaksin Disney dengan Serikat Pekerja Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Nasib para pekerja di masa pandemi tentu saja menjadi suatu hal yang cukup krusial, baik bagi perusahaan maupun karyawan. Enggak terkecuali Disney, yang kini dikabarkan tengah menyelesaikan kesepakatan dengan para pekerjanya terkait vaksinasi.

Diketahui dari laman Wall Street Journal, Walt Disney Co. telah mencapai kesepakatan dengan serikat pekerja yang mewakili pekerja di Disney World Florida. Kesepakatan tersebut bakal mengharuskan pekerja untuk menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19.

Kesepakatan antara Disney dan Services Trades Council Union tersebut juga akan mengharuskan sekitar 40.000 pekerja untuk divaksinasi penuh pada 22 Oktober 2021 mendatang. Meskipun, ada pengecualian dan pertimbangan dengan alasan medis atau agama tertentu.

Disebutkan, sebenarnya kesepakatan tersebut berawal dari meningkatnya Covid-19 varian Delta di Amerika Serikat. hal itu pun akhirnya mendorong serikat pekerja ke dalam perdebatan tentang memastikan keselamatan para pekerja sambil membela hak-hak individu mereka juga nih.

Dikutip WSJ, Disney pun mengatakan bahwa vaksin adalah langkah yang tepat untuk keselamatan karyawannya. Sementara presiden serikat pekerja Unite Here mengatakan bahwa sekitar 70 persen dari keanggotaannya mendukung mandat vaksin yang berlaku baru-baru ini.


Baca Juga:  Disney+ dan Disney Parks Berhasil Dorong Pertumbuhan Pendapatan Perusahaan!

Sementara itu, sejak vaksinasi Covid-19 tersedia secara luas di AS sejak awal tahun 2021, diketahui banyak perusahaan telah mendorong para pekerja untuk mengambil tindakan, seperti mengadakan drive vaksinasi. Perusahaan juga banyak yang mengedukasi karyawannya terkait vaksinasi.

Berdasarkan data pemerintah Amerika Serikat, kini sudah sebanyak 73 persen dari orang dewasa di AS yang sudah divaksin. Jumlah tersebut, setidaknya sudah divaksin dengan dosis pertama.

Berdasarkan info dari laman The New York Times, mantan CEO Disney Robert “Bob” Iger telah beralih peran sebagai ketua eksekutif dan membantu Disney selama pandemi Covid-19. 

Nah Deadline Hollywood mencatat, selama Iger menjadi ketua eksekutif, Disney sempat menangguhkan pembayaran gaji kepada lebih dari 100 ribu karyawannya pada April 2020. Hal itu dilakukan sebagai bentuk respon perusahaan terhadap resesi Covid-19.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Karyawan Disney dan Walmart Diwajibkan Vaksin

Bahkan, Deadline Hollywood menyebutkan kalau Disney melakukan “penghematan” bulanan hingga mencapai US$500 juta lho! Meski begitu, penghematan tersebut dilakukan seiring dengan pemberian manfaat perawatan kesehatan karyawannya.

Adapun, Walt Disney Company yang eksis sejak Oktober 1923 ini mencakup banyak sektor usaha seperti studio animasi, produksi film, taman hiburan, media, hingga konten olahraga. Makanya, Disney pun kini merasa wajib untuk memfasilitasi pekerjanya guna kesejahteraan bersama nih, Be-emers.

Kalau di kantor kamu sudah wajib vaksin belum, Be-emers?