Grup Astra Luncurkan Platform Pembayaran Digital AstraPay

AstraPay Illustration Web Bisnis Muda - Paulipu

AstraPay Illustration Web Bisnis Muda - Paulipu


PT Astra International Tbk. (ASII) selaku emiten induk Grup Astra, menghadirkan beberapa inovasi baru pada lini bisnis keuangannya nih, Be-emers. Inovasi tersebut diharapkan bisa menjadi produk andalan pada industri digital finance di masa depan.

Pada hari ini, Rabu 15 September 2021, Astra akan resmi meluncurkan produk terbarunya yaitu AstraPay, platform pembayaran digital yang bisa digunakan oleh konsumen luas.

Selain dapat digunakan oleh masyarakat di seluruh Indonesia, dengan adanya AstraPay, bisa menjadi titik awal yang mudah bagi konsumen untuk menjadi bagian dari keluarga besar Astra.

Suparno Djasmin selaku Direktur Astra International menyebutkan ada dua inovasi baru di bidang finansial yang sedang dikembangkan oleh Astra.

Ia menyebutkan bahwa AstraPay merupakan platform mobile wallet mobility and finance yang bisa digunakan sebagai smart wallet dan e-payment yang terpercaya.


Pada platform AstraPay, konsumen dapat mengatur sendiri dompet digitalnya dan penggunaan e-money nya. Hingga kini, AstraPay sudah berhasil menarik 2,2 juta pengguna yang teregistrasi.

Suparno menambahkan bahwa ada lebih dari 300 konsumen QRIS dalam ekosistem Astra. Konsumen AstraPay juga dapat menggunakan fitur QRIS pada berbagai merchant di Indonesia.

FIFGROUP atau PT Federal International Finance Group juga menyambut baik peluncuran AstraPay. Diketahui bahwa awalnya FIFGROUP merupakan penguasa saham AstraPay, yaitu sebesar 97,5 persen, Be-emers!

Namun, di pertengahan 2021 lalu, Grup Astra menambahkan modal AstraPay dan mengalihkannya ke entitas induk dengan menerbitkan 1,95 juta saham baru, yang hanya diserap secara internal.

Dalam aksi korporasi yang dilakukan oleh FIFGROUP ini, mereka mengambil 398.000 saham yang memiliki nominal Rp 100.000 per lembar saham. Maka, kini porsi kepemilikannya didominasi oleh Astra Finance sebesar 72,75 persen dan porsi FIFGROUP sebesar 25 persen. Sisanya dimiliki oleh Koperasi FIF 2000.

Selain itu, Astra Finance yang menggandeng Permata Bank, menghadirkan layanan pembukaan rekening melalui aplikasi MOXA. Aplikasi ini merupakan saluran alternatif produk keuangan dan merupakan financial wealth hub yang sudah terverifikasi oleh OJK. Hingga saat ini, MOXA telah diunduh lebih dari 3,5 juta kali, lho!