Tips Sukses Membangun Usaha ala Menteri BUMN Erick Thohir

Erick Thohir (Sumber gambar: economy.okezone.com)

Erick Thohir (Sumber gambar: economy.okezone.com)

Like

Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita nama Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Mas Erick Thohir, beliau adalah contoh pengusaha sukses yang terjun ke pemerintahan untuk membantu sang presiden RI. 

Jatuh bangun pasti pernah dirasakan, kali ini mari kita dengarkan apa sih kata Mas Erick tentang kiat suksesnya sampai dapat mengalahkan pamor kakaknya Garibaldi Thohir yang sudah lebih dulu terjun ke dunia bisnis.

Walau Mas Erick ini merupakan putra dari Muhammad Teddy Thohir sang pemilik Astra International Tbk. tak menjadikan putra-putranya manja.

Menteri BUMN RI kita begitu giat membangun usahanya, beliau tak mau hanya diam berpangku tangan menikmati kerja keras ayahnya. Kepercayaan serta keyakinan ternyata menjadi dua konsep untuk mengukur kesuksesan seorang pengusaha begitulah yang dirasakan oleh sosok Erick Tohir.

Menurut Mas Erick kepercayaan dalam berwirausaha itu terbagi menjadi 3 aspek yaitu segmentasi pasar, team work/kerjasama yang baik, dan tidak mudah berpuas diri.


"Saya mempercayai tiga hal sejak membangun bisnis, pertama segmentasi, segmentasi sesuatu barang penting. Kedua tim yang baik. Ketiga jangan berpuas diri," jelas Erick dalam sebuah sesi wawancara yang dikutip pada Minggu tanggal 1 November 2020.

Mas Erick menilai bahwa segmentasi pasar untuk seorang pebisnis merupakan hal terpenting yang wajib dipahami, lebih jelasnya ialah pemetaan tentang pemasaran produk yang sesuai kebutuhan juga karakteristik konsumen juga harus diketahui oleh pebisnis. Selain segemtasi pasar, ada juga kerjasama/team work yang juga menjadi aspek kepercayaan.

Menurut Mas Erick mengatakan suka tidak suka mau tidak mau, sosok pebisnis wajib hukumnya mempunyai kerjasama yang dapat dipercaya demi menyelesaikan tugas atau tanggung jawabnya. Dan yang terakhir adalah jangan sampai seorang pengusaha merasa berpuas diri, karena tidak ada pengusaha sukses yang berhenti berusaha karena merasa sudah cukup.

Perusahaan harus terus melakukan inovasi pembaharuan pada usahanya agar tidak ketinggalan jaman, tidak boleh puas dengan hasil yang ada namun harus terus mencari ide-ide kreatif baru yang bisan menjadi jalan menuju cuan. Selain itu menurut Mas Erick ada 4 poin penting yang mendukung kesuksesannya yaitu: 
 

1. Passion

Pertama ada passion yang diakui Menteri BUMN bahwa beliau menyuaki media, hiburan juga olahraga, maka dari itu segala bisnis miliknya tidak jauh-jauh dari hal kesukaannya. Terbukti dari bisnis pertamanya bersama Wisnu Wardhana, Harry Zulnardy, juga Muhammad Lutfi  yaitu Mahaka Group yang bergerak di bidang pertambangan, keuangan, juga media. Perusahaan ini berhasil menaungi majalah a+, Parents Indonesia, dan Golf Digest pada tahun 2009. Tak lupa juga surat kabar yang dinaungi yaitu Sin Chew Indonesia sampai Republika, untuk televisi dan radio berhasil menaungi channel JakTV, Gen98.7FM, Prambors FM, Delta FM, sampai Female Radio.
 

2. Fokus

Kedua pengusaha harus bisa fokus pada usahanya, terbukti pada tahun 2006 usahanya sempat kolabs sampai beliau rela menjual beberapa koleksinya untuk memperbaiki keadaan.
 

3. Upgrade Kemampuan Diri

Ketiga jangan suka berpuas diri, teruslah mengupgrade skill dan pengetahuan tentang usaha. Jangan pernah berhenti belajar, dan terus ikhtiar.
 

4. Networking

Terakhir penting banget untuk menjalin networking sebanyak juga sebaik mungkin, karena tidak ada yang tau dari mana datangnya cuan. Bisa juga teman yang menjadi jembatan menuju kesuksesan.
Itulah tadi kisah sukses dari Mas Erick Thohir, lalu bagaimana kisahmu?