4 Tips Mengurangi Nyeri Punggung Selama Bekerja di Rumah

Ilustrasi seseorang yang nyeri punggung saat bekerja di depan komputer (Sumber gambar: hubspot)

Ilustrasi seseorang yang nyeri punggung saat bekerja di depan komputer (Sumber gambar: hubspot)

Like

Bekerja merupakan salah satu aktivitas yang banyak orang untuk terus bertahan hidup. Tak sedikit orang yang dapat bekerja dari pagi hingga pagi lagi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebagian besar, orang melakukan pekerjaan di luar rumah.

Namun pandemi Covid-19 yang telah melanda berbagai negara dibelahan dunia telah banyak membuat aktivitas banyak orang berubah. Mulai dari bekerja, sekolah, berkegiatan sosial dan banyak lagi.

Akibatnya, semua aktivitas tersebut harus dilakukan di rumah saja. Banyak perusahaan melakukan sistem kerja Work From Home atau WFH, belajar di rumah, hingga melakukan kegiatan sosial seperti seminar dilakukan secara virtual. Hal itu untuk meminimalisir berkerumunnya orang banyak serta meminimalisir penyebaran Covid-19.

Bekerja di rumah atau work from home pasti membuat kalian dapat merasakan nyeri dibagian punggung akibat duduk terlalu lama. Terlebih jika berlama-lama di depan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan. Akibatnya, otot-otot mengencang dan menghasilkan nyeri punggung.

Ada empat gerakan yang dapat membantu meringkankan kalian jika terasa sakit dibagian pungung, diantaranya :



Menyentuh jari-jari kaki dengan membungkukan badan ke depan

Langkah tersebut untuk membantu mengendurkan otot-otot punggung bagian bawah serta membantu meregangkan paha belakang yang tegang.

Melakukan pose seperti ular kobra

Terdengar aneh memang jika menyebut pose ala ular kobra tersebut. Namun, pose tersebut dapat mengurangi ketegangan otot pada bagian pinggang. Untuk melakukan pose tersebut, kalian harus mengangkat perut dengan tangah menghadap ke bawah di samping bahu. Lalu angkat dada secara perlahan sehingga bagian atas kepala mengarah ke langit-langit.

Melakukan pose kucing-sapi

Pose tersebut dapat meregangkan dan meradakan sakit punggung. Caranya dengan berlutut dan tangan seperti melakukan yoga akan membantu peregangan lebih nyaman. Kalian juga harus perlahan bergantian antara melengkungkan punggung ke langit-langit dan membungkuk ke lantai.

Melakukan pose anak anak

Untuk melakukan pose tersebut, kalian dapat dengan duduk pada tumit dengan lutut selebar pinggul. Selanjutnya, mencondongkan badan kalian ke depan untuk meletakkan kepala di lantai dan rentangkan tangan ke depan kepala.

Perlu diingat, masing-masing dapat melakukan setidaknya selama 30 detik per satu gerakan untuk merasakan manfaat secara total. Semoga bermanfaat dan tetap semangat bekerja di rumahnya.