Tips Hemat untuk Anak Kos

Tips hemat ala anak kos (Sumber gambar: m.kaskus.co.id)

Tips hemat ala anak kos (Sumber gambar: m.kaskus.co.id)

Like
Kehidupan yang jauh dari orang tua, mulai dari menuntut ilmu atau bekerja, mengharuskan diri untuk selalu hemat dan mengatur pengeluaran agar tidak boros. Berada jauh dari orang tua membuat kira harus memperhatikan pengeluaran pokok dan pengeluaran yang tak terduga.

Kita harus pintar dalam mengatur keuangan karena uang itu sifatnya sensitif mudah sekali habis, untuk itu kita pandai mengatur yang namanya kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan dan keinginan itu adalah hal yang berbeda.

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan oleh diri kita misalnya kebutuhan bahan pokok seperti beras, bahan makanan, dan kebutuhan sekolah. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang kita kehendaki untuk menuruti hasrat kita yang sifatnya tidak pokok, misalnya keinginan jalan-jalan padahal kita tahu kebutuhan pokok kita masih banyak tapi kita malah menghabiskan uang kita untuk hal yang sedikit tidak bermanfaat.

Jalan-jalan itu memang boleh untuk sekedar menenangkan diri dari hal-hal yang membosankan, tapi kita harus berpikir jangka panjang apakah keuangan kita akan tetap stabil kedepanya atau tidak. Jika tidak, alangkah baiknya uang kita disimpan untuk kebutuhan yang mendatang. Berikut tips agar hemat:
  1. Harus membuat catatan pengeluaran, sehingga uang yang sudah di keluarkan untuk keperluan tercatat jelas dan terperinci
  2. Evaluasi pengeluaran. Setelah uang pengeluaran sudah di catat langkah selanjutnya yaitu evaluasi apakah pengeluaran yang di gunakan untuk keperluan yang bermanfaat atau hanya sekedar untuk hal yang tak berguna 
  3. Tidak membawa uang lebih saat sedang berbelanja, catat kebutuhan pokok anda dan bawa uang sesuai harga atau total habisnya. Karena apa jika membawa uang lebih maka kita akan lalai dan malah mengambil barang barang yang tidak berguna.
  4. Hindari nongkrong-nongkrong yang tidak jelas dengan teman-teman kita yang kegiatannya hanya sekedar mubazir waktu, pandai-pandailah dalam mengatur waktu karena ada pepatah mengatakan bahwa waktu adalah uang.

Hidup hemat bukan berarti kita pelit, akan tetapi kalau kita yang tidak mengontrol hidup kita sendiri lalu siapa lagi? Orang-orang yang berperilaku boros pada dasarnya juga akan menyesalinya, tetapi perilaku tersebut sudah menjadi kebiasaan yang tidak dapat lagi di ubah atau sulit, bahkan kalau pun bisa itu harus memerlukan waktu yang panjang untuk mengubahnya.

Maka dengan membiasakan hal-hal yang baik seperti menghemat adalah cara terbaik untuk menyiasati yang namanya kekurangan dalam hidup. Tetap syukuri apa pun yang telah tuhan berikan kepada kita baik berupa materi kesehatan dan waktu luang sehingga kita masih bisa melakukan aktivitas sampai sekarang.