Inilah Kiat Sukses Bisnis Properti Tanpa Tercekik Modal

Berinvestasi dengan modal yang minim (Sumber gambar: cekaja.com)

Berinvestasi dengan modal yang minim (Sumber gambar: cekaja.com)

Like

Ternyata, kamu bisa jadi pengusaha properti hanya dengan 0 rupiah. Selain itu, usaha di bidang properti tidak melulu seputar jual beli tanah bangunan saja, tetapi masih ada banyak cara lain untuk bergerak di bidang ini tanpa mengeluarkan modal besar.

Jika takut akan kerugian, kamu bisa memberikan proteksi kepada propertimu dengan asuransi properti yang sudah menjamur di Indonesia. Menggunakan asuransi juga suatu investasi, agar kelak bisnismu berjalan dibawah payung perlindungan musibah yang sudah kamu tabung sedari sekarang.

Lalu, bisnis properti apa yang bisa dijalankan tanpa modal? Berikut ini penjelasannya:
 

1. Makelar Properti

Pertama, ada usaha makelar properti. Pasti, sudah tidak asing ya dengan yang satu ini?

Profesi ini tidak membutuhkan modal besar untuk membeli properti. Namun, lebih kepada skill alias kemampuan untuk menawarkan properti kepada calon pembeli.

Menjadi seorang perantara penjualan properti atau makelar memang pekerjaan yang menghasilkan untung besar dengan modal bicara, karena tidak semudah kedipan mata untuk meyakinkan calon pembeli agar membeli properti yang kamu tawarkan.


Jadi, dengan kesulitan yang mahadasyat, ditambah pekerjaan ini memakan waktu yang lama, juga membuat bayarannya juga besar.

Harga properti seperti rumah, kos-kosan, apartemen, dll pasti mencapai ratusan juta, tidak mungkin komisi perantaranya hanya ratusan ribu saja. Jadi sudah pasti fee yang kamu dapat bukan main-main besarnya, tergantung dari harga properti yang berhasil kamu jual.
 

2. Bisnis Properti Lewat Pasar Modal

Cara kedua, cocok untuk kamu yang tidak punya waktu untuk menawar-nawarkan properti namun setidaknya punya modal ya walaupun sedikit, bisa dicoba untuk membeli saham perusahaan yang bergerak di bidang properti.

Saham yang kamu beli jelas artinya sam saja kamu membeli perusahaan tersebut, namun kepemilikannya disesuaikan dengan jumlah saham yang kamu beli. Bisa dibilang cara kedua ini harus bena-benar dipelajari supaya tidak merugi.
 

3. Pendanaan Properti pada Situs P2P Lending

Platform ini membantu orang-orang yang ingin memiliki aset properti, namun butuh pinjaman uang untuk DP rumah atau sekedar sewa rumah.

Selain melalui platform tersebut, kamu juga bisa mendanai proyek properti lewat invoice financing. Imbal hasil yang akan kamu dapat mencapai 11 persen/tahun dengan modal mulai Rp 200 ribu saja.
 

4. Homestay

Selanjutnya, ada cara yang cocok untuk kamu yang memiliki modal berupa properti yang dapat disewakan seperti Rumah tinggal, kos-kosan, dan apartemen. Kamu bisa menawarkan properti kamu untuk disewakan melalui situs-situs persewaan atau secara mandiri dari mulut ke mulut, untuk cara ini sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu.

Riset yang pertama adalah harga pasaran sewa properti kamu, kemudian siapa target yang akan kamu tuju dan sesuaikan dengan harga sewanya ya. Terakhir, siapkan properti milikmu sebaik mungkin, agar calon penyewa tidak berpikir dua kali untuk menyewa.
 

5. Kerjasama Membangun Usaha Properti

Cara terakhir, jika kamu yakin memiliki bakat dalam usaha properti namun minim dana, kamu bisa ajak keluarga, saudara, atau teman yang mau mempercayakan uangnya kepadamu sebagai modal usaha propertimu.

Namun, cara ini paling riskan karena di masa sulit seperti ini akan sulit mencari orang yang mau memberikan uangnya begitu saja kepada orang baru di dunia usaha. Untuk kamu yang mau mencoba, harus benar-benar amanah jangan sampai menyalahgunakan kepercayaan orang terhadapmu.