Membedakan Perusahaan Pialang Profesional dan Abal-abal untuk Menghindari Kasus Investasi Bodong

Perusahaan pialang (Sumber gambar: kompas.money.com)

Perusahaan pialang (Sumber gambar: kompas.money.com)

Like

Investasi adalah salah satu cara menghasilkan uang dengan nyaman dan aman.  Tapi tentu saja selalu ada oknum-oknum nakal yang memanfaatkan nama investasi untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Hal itu biasa dikenal sebagai investasi bodong.

Secara kasat mata sebenarnya investasi real dan investasi bodong memiliki banyak sekali perbedaan, hanya saja kadang masyarakat terlalu malas untuk menggali informasi lebih lanjut dan mudah tergiur dengan keuntungan tidak masuk akal. Untuk menghindari hal itu ada baiknya kita mengetahui beberapa hal yang bisa menjadi acuan kita dalam memilih perusahaan pialang terbaik tempat kita menitipkan uang dan melakukan investisi jangka panjang. 

Untuk menjadi perusahaan pialang yang diakui negara dan dilindungi negara semua hak nasabahnya cukup sulit dan banyak hal yang mesti dilakukan owner perusahaan pialang tersebut.

Namun hal ini berjalan beriringan dengan keamanan uang nasabah yang dijamin penuh oleh pemerintah jadi jika kita berinvestasi diperusahaan pialang resmi kita tidak perlu khawatir akan keberadaan uang kita. 
Pemerintah juga sangat menganjurkan masyarakat untuk berinvestasi diperusahaan-perusahaan pialang yang sudah memenuhi standart pemerintah hal ini dilakukan hanya untuk melindungi calon nasabah tersebut.
 

Berikut adalah ciri-ciri perusahaan pialang profesional 


1. Memiliki wakil pialang berjangka profesional

Apa itu wakil pialang berjangka? Wakil pialang berjangka adalah orang-orang profesional dibidang trading yang sudah memiliki sertifikat dari pemerintah serta sudah teruji kemampuannya untuk membantu nasabah melakukan trading atau investasi. Hal ini tentu saja sangat penting mengingat bisnis trading bukanlah bisnis kecil-kecilan jadi kehadiran wakil pialang profesional menjadi acuan apakah perusahaan itu benar-benar resmi atau tidak.

 

2. Fasilitas online trading dan demo account 

Berbisnis trading adalah bisnis yang dilakukan didunia elektronik setiap saat. Kegiatan investasi dilakukan secara online, jadi adanya fasilitas online trading dan demo account sangat dibutuhkan demi kenyamanan nasabah itu sendiri.
 

3. Pelaporan transaksi setiap hari

Ini salah satu indikator bahwa perusahaan pialang tempat berinvestasi adalah perusahaan resmi. Karena setiap perusahaan resmi selalu mengirimkan laporan transaksi kepada nasabahnya setiap hari.
 

4. Penarikan dana (withdrawal)

Hal ini sama pentingnya dengan ciri-ciri yang lainnya, karena dalam investasi, terkadang nasabah memerlukan uang mereka sewaktu-waktu. Nah perusahaan pialang resmi tidak akan menahan-nahan nasabah untuk menarik uangnya. Karena sejatinya mereka hanyalah jembatan agar nasabah bisa bertransaksi dipasar bursa. Jadi, keuangan nasabah dipegang oleh nasabah sendiri.
 

5. Rekening terpisah (segregated account)

Ini adalah hal mutlak yang harus dimiliki perusahaan pialang resmi. Karena setiap perusahaan pialang resmi tidak akan menyimpan uang nasabahnya di rekening perusahaan apalagi rekening pribadi pemilik perusahaan. 

Semua uang nasabah berada di rekening terpisah yang sudah disetujui oleh Bappebti, inilah sebabnya nasabah tidak akan kehilangan uang mereka sepeserpun karna uang mereka sudah dijamin oleh pemerintah sendiri. Hal ini juga menghindar peluang perusahaan membawa lari uang nasabahnya.

Itulah tadi beberapa contoh hal-hal yang dimiliki perusahaan pialang resmi. Jadi sebenarnya mudah sekali melihat perusahaan itu resmi atau bodong.

Sebagai masyarakat yang ingin berinvestasi, kita harus lebih pandai melihat dan membedakan mana yang bodong dan mana yang resmi.  Perusahaan pialang resmi sudah menjamur di Indonesia. Tapi perusahaan pialang bodong juga sama banyaknya. Jadi semua kembali kepada diri kita sendiri untuk lebih pandai memilih.