Kenapa Harga Emas Batangan di Butik Emas Antam dan Pegadaian Berbeda?

Gold Illustration - Canva

Gold Illustration - Canva

Like

Buat kamu yang berencana berinvestasi emas, pasti sebelumnya bakal mengecek terlebih dahulu dong harga emas paling update?

Update harga emas merupakan cara yang tepat sebelum memulai berinvestasi di logam mulia. Soalnya, seperti yang kita tahu, harga emas selalu berubah-ubah. Yah, walau terkadang ada satu kasus dimana harga emas justru cenderung stagnan.

Butik Emas milik Antam dan Pegadaian merupakan platform yang terpercaya untuk melakukan transaksi investasi emas. Makanya, enggak heran kalau kedua platform ini yang paling sering banget dilihat perkembangan harga produk emasnya.

Namun, kamu pasti menyadari, kalau emas di kedua tempat tersebut berbeda. Bahkan, keduanya sama-sama menjual emas batangan cetakan PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

Ibarat toko nih, meskipun barang dan mereknya sama, pasti harganya berbeda-beda. Itu juga yang terjadi di Butik Emas Antam dan Pegadaian.
 

Terdapat Margin

Sama-sama menjual emas batangan cetakan Antam, harga emas di Butik Emas LM Antam dengan di Pegadaian berbeda. Dilansir dari Bisnis.com, perbedaan harga di kedua platform tersebut terjadi karena emas batangan Antam yang dijual di Pegadaian merupakan tangan kedua.


Sedangkan, di Butik Emas LM Antam merupakan platform jual-beli emas yang dimiliki oleh PT Aneka Tambang Tbk. Makanya, ada margin yang ditambah sebagai keuntungan Pegadaian. Itulah mengapa harganya juga jadi berbeda.
 

Biaya Administrasi

Pegadaian menyediakan layanan tabungan emas, dimana kamu bisa membeli, mencicil, dan menyimpan emas layaknya menabung di Bank. Semuanya bisa dilakukan secara online lewat aplikasi Pegadaian Digital Service.

Begitu juga dengan emas di Butik Emas LM Antam, yang bisa kamu pesan secara online lewat logammulia.com atau lewat Brankas Antam. Nah, tabungan emas yang ada di Pegadaian dan Brankas Antam ini dikenakan biaya administrasi yang berbeda-beda.

Adanya biaya administrasi membuat total harga “keranjang belanja” emas kamu jadi bertambah. Selain  itu, jangan lupa juga, harga yang tertera belum termasuk pajak. Jadi, pasti nanti akan ada biaya tambahan lagi.

Nah, kira-kira apa lagi ya faktor yang membuat harga emas di Butik Emas Antam dan Pegadaian berbeda? Yuk, komen di bawah!