Red Flag! Tanda-Tanda Salah Memilih Partner Berbisnis

Red Flag! Tanda-Tanda Salah Memilih Partner Berbisnis Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Red Flag! Tanda-Tanda Salah Memilih Partner Berbisnis Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Akhir-akhir ini, istilah “red flag” sedang banyak dipakai dan dibahas, terutama di media sosial. Berbagai aspek dalam hidup kita ini memiliki red flag-nya masing-masing, lho! Sebenarnya, apa sih arti red flag itu?

Dicetuskan pada abad ke-18, red flag digunakan sebagai pemberi tanda saat ada masalah atau bahaya terhadap suatu hal. Red flag juga bisa terlihat jika kamu memilih partner bisnis yang salah.

Nah, kalau kalian menemukan tanda-tanda ‘aneh’ pada mitra bisnismu, mungkin inilah waktu yang tepat untuk mempertimbangkan kembali kerja sama bisnis yang dilakukan. Lalu, apa saja tanda-tandanya?
 

Kurang Berkomunikasi

Communication is key. Yup, komunikasi merupakan hal dasar yang diperlukan dalam setiap hubungan, termasuk hubungan profesional bisnis, baik yang berskala kecil maupun besar sekalipun.

Jika kamu dan partner bisnismu tidak memiliki kualitas dan intensitas komunikasi yang baik, kedepannya, akan banyak masalah yang timbul dan membuat aktivitas bisnismu terhambat dan malah tidak berkembang, deh!
 

Perbedaan Prinsip dan Tujuan

Kalau kamu memiliki prinsip dan tujuan yang berbeda dengan rekan bisnismu, bagaimana kamu bisa menentukan tujuan dari perusahaanmu? Arah perusahaan yang kamu bangun tidak akan bisa jelas jika para founders nya memiliki prinsip dan tujuan yang berbeda.


Oleh karena itu, penting bagi kamu menemukan orang yang bisa menjadi partner yang baik dan memiliki visi serta misi yang sejalan denganmu ya, Be-emers.
 

Terlalu Banyak Persamaan

Walaupun sevisi dan semisi, kalau kamu memiliki terlalu banyak persamaan dengan rekan bisnismu, apalagi sifat dan karakteristik sama persis, hubungan yang dijalin tidak akan bisa saling melengkapi.

Menurut TemanStartup, Kamu tetap butuh orang dengan karakter yang bertentangan dengan dirimu agar bisa melengkapi kekurangan satu sama lain, yang akhirnya akan menghasilkan dinamika bisnis yang baik.
 

Tujuan Tersembunyi

Dalam memilih partner bisnis, pastikan kamu mengetahui seluk beluk latar belakang kehidupannya hingga portfolio-nya ya, Be-emers! Jangan sampai kamu memilih orang yang salah yang sebenarnya punya maksud buruk tersembunyi yang bisa merugikan kamu dan bisnismu. 

Pastikan kamu selalu hati-hati dan waspada, terutama pada orang yang belum kamu kenal cukup lama.

Jangan terburu-buru mengambil keputusan dalam memilih partner bisnis ya, Be-emers!