Mana yang Lebih Untung, Sewa Rumah atau Cicil Rumah?

Mana yang Lebih Untung, Sewa Rumah atau Cicil Rumah? Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Mana yang Lebih Untung, Sewa Rumah atau Cicil Rumah? Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Sewa rumah atau cicil rumah, ya? Pertanyaan tersebut seringkali dilontarkan oleh banyak orang, terutama bagi orang yang ingin memiliki rumah idaman pertamanya.

Seperti yang kita tau, rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Rumah merupakan tempat beristirahat dan juga sebagai tempat berlindung. Bisa dibilang bahwa rumah merupakan garis start dan finish kegiatan manusia setiap harinya.

Kira-kira, apa aja sih kelebihan dan kekurangan dari menyewa rumah ataupun menyicil pembelian rumah? Yuk, kita bahas bersama agar bisa membantu kamu memutuskan pilihan yang tepat sesuai kebutuhanmu!
 

Sewa Rumah


Kelebihan:

  • Cocok untuk Mobilitas Tinggi

Jika kamu merupakan individu yang tergolong sangat mobile, suka berpindah-pindah pekerjaan, dan jarang menetap di suatu tempat, maka menyewa rumah merupakan pilihan yang tepat untukmu.

Rumah sewaan yang hanya berlaku dalam jangka waktu tertentu, tidak akan merepotkanmu saat harus berpindah domisili dan meninggalkan rumah sebelumnya.
 
  • Alternatif untuk Kondisi Finansial yang Belum Cukup

Membeli rumah membutuhkan dana yang tidak sedikit, Be-emers. Mulai dari persiapan booking fee, kelayakan kredit untuk pengurusan KPR, down payment (DP), Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL), hingga jumlah cicilan yang menyesuaikan jumlah penghasilan bulanan.


Umumnya, jika cicilan rumah yang kamu inginkan lebih besar dari sepertiga pendapatan bulanan, kemungkinan besar pengajuan KPR-mu akan ditolak oleh bank. Nah, jika kondisi finansialmu belum terlalu mencukupi, jangan memaksakan membeli rumah ya, Be-emers. 
 
  • Harga Sewa Terjangkau

Dibandingkan membeli rumah, sewa rumah merupakan pilihan yang lebih terjangkau karena kamu hanya memerlukan persiapan biaya sewa tanpa harus memikirkan biaya perawatan.

 

Kekurangan:

  • Terikat Perjanjian

Jika kamu memutuskan untuk menyewa rumah, kamu akan dihadapkan dengan peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh pemilik sewa dan hal tersebut harus kamu patuhi. Contohnya adalah tidak boleh memelihara hewan peliharaan, dan lain sebagainya.
 
  • Tidak Bisa Mengubah Desain

Ketika kamu merasa ada beberapa spot di dalam rumah sewa yang kamu tak sukai, kamu tidak bisa mengubah bentuk fisiknya tanpa izin dari sang pemilik. Sehingga kamu harus terima dengan setiap kondisi yang ada di dalam rumah sewaan tersebut.
 
  • Harga Terus Naik

Harga rumah sewa akan selalu meningkat, sesuai dengan laju inflasi di negara kita, Indonesia. Kamu juga harus siap pindah dengan segera jika masa sewa telah habis, kecuali masa sewanya bisa diperpanjang.

 

Cicil Rumah


Kelebihan:

  • Simbol Kemapanan dan Kemandirian

Di Indonesia, kepemilikan rumah masih dianggap sebagai simbol kemapanan dan kemandirian seseorang, walaupun memang bukanlah tolok ukur satu-satunya.
 
  • Investasi Bernilai Tinggi

Dengan harga properti yang cenderung meningkat setiap tahun, rumah bisa menjadi aset investasi jangka panjang. Selain itu, kamu juga bisa mewariskan rumah kepada keturunanmu.

Kamu juga berpotensi mendapatkan capital gain dari meningkatnya harga rumah per tahun, yang akan turut meningkatkan nilai asetmu dari waktu ke waktu.
 
  • Kenyamanan untuk Keluarga

Untuk kamu yang sudah berkeluarga, memiliki rumah sendiri merupakan hal yang baik dan bijaksana, agar kondisi rumah tangga tetap nyaman dan tidak perlu beradaptasi terus dengan perubahan tempat tinggal.
 
  • Punya Perlindungan Hukum atas Hak Milik Pribadi

Karena rumah tersebut adalah milik mu secara sah, kamu berhak melakukan apapun atas rumah tersebut. Kamu bisa bebas merenovasi, membangun kembali, atau bahkan menyewakannya agar bisa mendapatkan keuntungan lebih.
 
  • Ada Tenor!

Kamu nggak akan selamanya bayar cicilan rumah kok, Be-emers! Ada tenor cicilan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu, yang nantinya juga akan berakhir jika kamu taat membayar cicilannya. Semangat!

 

Kekurangan:

  • Biaya Perawatan Besar

Pemilik properti biasanya harus menanggung biaya maintenance yang tinggi, misalnya biaya renovasi karena properti yang mulai rusak seiring waktu, biaya perawatan lingkungan, biaya keamanan, hingga biasanya listrik dan air serta iuran lainnya.

Selain itu, kamu juga akan dikenakan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang wajib kamu bayar. Nilai PBB juga bisa meningkat sesuai dengan apresiasi Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) nya.
 
  • Risiko Kredit Macet

Pastikan kamu menghitung-hitung dahulu keuanganmu sebelum memutuskan membeli rumah ya, Be-emers. Jangan sampai kamu mengalami masalah finansial di tengah jalan dan membuatmu tidak mampu membayar cicilan.

Jika terjadi, bisa-bisa rumahmu akan disita oleh bank dengan alasan Non Performing Loan (NPL) atau pinjaman tak tertagih. Uang cicilan dan DP yang telah kamu bayarkan juga tidak akan dikembalikan. Rugi, deh!

Nah, setelah tau kelebihan dan kekurangan dari sewa rumah dan cicil rumah, udah tau dong mana yang terbaik untuk kebutuhanmu, Be-emers?