Netflix Luncurkan Mobile Game Pertamanya untuk Android!

Netflix Luncurkan Mobile Game Pertamanya untuk Android! Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Netflix Luncurkan Mobile Game Pertamanya untuk Android! Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Ada kabar baik untuk para pecinta game, nih! Netflix baru aja meluncurkan game pertamanya di seluruh dunia dengan tujuan untuk masuk ke pasar game berlangganan.

Mulai Selasa (03/11) kemarin, perusahaan akan meluncurkan pembaruan untuk aplikasi Netflix di smartphone Android, yang bisa menunjukkan game apa yang tersedia untuk diunduh.

Pertama-tama, ada lima game seluler yang dihadirkan untuk pelanggan Netflix.

Perusahaan menjanjikan game yang lebih banyak lagi beberapa waktu ke depan. Netflix juga akan membuat game tanpa iklan dan tidak ada in-app purchase seperti yang umum terdapat pada game seluler lainnya.

Dari lima game yang diluncurkan dengan layanan tersebut, dua di antaranya terkait dengan seri Stranger Things yang populer dari raksasa streaming itu, yaitu:
  • Stranger Things: 1984
  • Stranger Things 3: The Game
  • Card Blast
  • Teeter Up
  • Shooting Hoops

Meskipun ini baru awal dari perjalanan panjang, Netflix berkomitmen untuk dapat memberikan pengalaman bermain game yang berbeda dari apa yang ada saat ini, yaitu game seluler eksklusif tanpa iklan, tanpa pembayaran dalam aplikasi (in-app purchase), karena termasuk dalam keanggotaan Netflix yang dimiliki.


Sementara selama launching awal, Netflix game memiliki grafik yang relatif sederhana dengan gameplay yang kasual. Namun Netflix mengatakan tetap berencana untuk membuat game untuk setiap jenis pemain, mulai dari yang menyukai game kasual ataupun yang memiliki storyline, dikutip dari pernyataan Mike Verdu, Head of Game Development Netflix.

Verdu adalah karyawan utama untuk Netflix yang sempat bekerja di raksasa game EA dan kemudian di Facebook, di mana dia bekerja pada augmented reality dan virtual reality.

Nah, dikabarkan bahwa perilisan minggu ini hanya ditujukan untuk ponsel dan tablet Android saja, Be-emers. Netflix mengatakan bahwa game akan datang ke perangkat iOS dalam beberapa bulan mendatang.

Sebelumnya, Apple telah menolak upaya perusahaan lain untuk menempatkan "toko di dalam toko" terutama pada aplikasi game.

Ketika Microsoft meluncurkan layanan streaming Game Pass pada tahun 2020, Apple memblokir aplikasi tersebut agar tidak muncul di iPhone App Store, dengan alasan bahwa sekitar 100 game yang disertakan semuanya harus terdaftar di tokonya satu per satu. Microsoft akhirnya menggunakan streaming melalui browser Safari seluler Apple.

Tapi, pengguna Apple tidak perlu khawatir. Netflix mengatakan tidak ada masalah serupa dengan Netflix Games. Perusahaan menyampaikan bahwa peluncuran pada Android lebih dulu merupakan tahap awal.

Terlepas dari keterlambatan dalam menjangkau pelanggan Apple, Microsoft telah menjadi tokoh dominan di pasar langganan game hingga saat ini.

Layanan Xbox Game Pass-nya mencakup sebagian besar studio game Microsoft sendiri. Banyak juga di antaranya yang dapat dimainkan di Xbox, komputer game, atau dialirkan melalui internet ke ponsel dan tablet.

Diperkirakan, Microsoft saat ini memiliki puluhan juta pelanggan yang membayar antara £7,99 dan £10,99 per bulan, tergantung pada fitur yang mereka butuhkan.

Gimana nih Be-emers, udah nggak sabar kah mencoba games dari Netflix?