Pertumbuhan Fintech Dongkrak Lapangan Kerja

Pertumbuhan Fintech Dongkrak Lapangan Kerja Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Pertumbuhan Fintech Dongkrak Lapangan Kerja Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Michael Page Indonesia, selaku spesialis rekrutmen global, menyampaikan bahwa pada Q3 2021, jumlah lapangan kerja di Indonesia meningkat dibandingkan dengan kuartal sebelumnya lho, Be-emers!

Jumlah lapangan kerja yang meningkat tersebut didominasi oleh lowongan pekerjaan dari beberapa bidang, di antaranya jasa keuangan yang menyumbang sebesar 45 persen, bidang digital yang mencapai 14 persen, dan juga bidang teknologi yang menjadi penyumbang 13 persen lapangan kerja.

Menurut Presiden Direktur Michael Page Indonesia & Filipina, Olly Riches, banyak pelaku usaha terutama di bidang jasa keuangan multinasional dan domestik yang melakukan investasi besar-besaran ke bidang fintech (financial technology) seiring dengan lonjakan digital di Indonesia.

Pertumbuhan fintech di Indonesia menjadi kunci awal dan utama bagi masyarakat untuk bisa lebih muda mengakses dompet digital, membayar via online, dan juga mengelola seluruh kegiatan finansial, perbankan, hingga asuransi secara online.

Saat ini, persaingan untuk mendapatkan tenaga kerja yang ahli dan bertalenta sedang terjadi antara perusahaan jasa keuangan tradisional dan perusahaan startup fintech. Hal tersebut secara tak langsung menggerakan aktivitas rekrutmen yang sehat.


Perubahan gaya hidup karena pandemi saat ini yang memicu pertumbuhan dan dominasi unicorn teknologi di Indonesia membuat peluang kerja di sektor digital meningkat sebanyak 14 persen.

Olly menyampaikan bahwa Indonesia memiliki penduduk usia muda dan produktif yang sudah mahir dalam menggunakan berbagai layanan online. Kondisi demografi tersebut akhirnya mendukung pertumbuhan pesat pada bidang digital, termasuk juga keuangan.

Selain terjadi peningkatan yang besar pada lapangan pekerjaan, peningkatan juga terjadi dalam perusahaan ekuitas swasta dan modal ventura untuk bisnis portofolio yang seringkali dilakukan pada bidang teknologi dan digital.

Dengan memanfaatkan teknologi untuk menghubungkan orang-orang di seluruh Indonesia, kini penduduk yang tinggal di lokasi jauh dari hiruk pikuk kota juga lebih mudah mendapatkan akses, terutama untuk pendidikan dan pelayanan kesehatan.

Untuk bisa menyediakan berbagai layanan digital dan menjangkau populasi yang lebih besar, pengembangan medtech (medical technology) dan edtech (education technology) juga menjadi salah satu cara untuk menjangkau warga yang tinggal di luar kota-kota besar.

Untuk menyediakan layanan pada berbagai platform tersebut, dibutuhkan teknologi yang mumpuni, yang juga telah menciptakan kenaikan sebesar 13 persen dalam peluang kerja.

Kalau Be-emers, tertarik nggak buat kerja di perusahaan fintech atau bidang digital lainnya?