4 Komponen Penting dalam Membuat Proposal Bisnis yang Simple dan Powerful

Proposal bisnis didepan investor

Proposal bisnis didepan investor

Like

Siapa nih yang tidak ingin proposal bisnisnya diterima oleh calon investor?

Tentu saja semua orang yang ingin membuat proposal bisnis berharap agar bisa diterima oleh Para calon investor.

Seorang pebisnis tentu saja ketika membuat proposal bisnis harus memiliki beberapa aspek-aspek yang harus terpenuhi. Hal tersebut dilakukan agar proposal bisnis mampu dilirik dan diminati oleh pihak pemberi dana atau calon investor.

Sedikit orang yang menyadari bahwa di dalam pembuatan proposal bisnis itu sendiri tidaklah mudah. Apalagi supaya bisa diminati oleh investor, tentu saja ada komponen-komponen khusus yang harus diperhatikan dalam pembuatan proposal bisnis itu sendiri.

Berikut penulis akan mencoba merangkum 4 komponen penting dalam membuat proposal bisnis yang simple dan powerful.


1. Who are we?
Di dalam pembahasan yang pertama ini anda perlu memperhatikan aspek komponen mengenai sejarah dari bisnis yang kamu buat, kemudian dikait-kaitkan dengan visi misi dan tujuan dari perusahaan anda yang akan anda harapkan kedepannya.

2. What is Our current situation?
Di dalam proposal bisnis yang baik tentu saja melampirkan aspek komponen kondisi situasi yang relevan saat ini. Kondisi tersebut akan dikait-kaitkan dengan analisa SWOT dari bisnis kita dan juga analisa situational competitor dari bisnis kita.

3 What is your Trying to Achieve?
Menentukan sebuah pencapaian yang akan dihasilkan dalam sebuah bisnis tentu saja merupakan sebuah pencapaian yang perlu untuk diperhatikan. Sehingga, hal ini penting bagi bisnis anda untuk bisa menentukan target penjualan perbulannya atau tahunnya.

4. What is Our marketing strategy?
Sebuah jenis proposal yang baik adalah yang mampu memiliki strategi mind mapping dan juga tata kelola sistem marketing yang terintegrasi, agar produk ataupun jasa yang kita tawarkan mampu diserap dan diminati oleh para konsumen.

Sehingga, Kesimpulannya adalah pembuatan proposal bisnis itu sendiri perlu memiliki value edit dan adanya komponen penting yang diperhatikan di dalam proposal bisnis, agar proposal bisnis tersebut mampu diminati oleh investor dan partner bisnis kita.

Baca Juga: Mau Dapat Pendanaan Tahap Awal? Ini yang Perlu Dilakukan Startup