Kriteria yang Dicari HRD untuk Dijadikan Kandidat Kerja

Kandidat Kerja

Kandidat Kerja

Like

Banyak yang harus dilakukan oleh HRD saat mencari kandidat pegawai baru. Dalam proses mencari kandidat baru di dalam sebuah pekerjaan bukanlah suatu hal yang mudah.

Melainkan harus melalui beberapa tahapan proses validasi dan asesmen. Hal itu dilakukan agar bisa tercipta bibit unggul dan kandidat pekerja jauh lebih kompeten.

Pada dasarnya, setiap perusahaan-perusahaan memiliki kualifikasi tertentu yang sudah disesuaikan dengan perusahaan tersebut untuk pekerja yang berkualitas. Sehingga, dalam hal ini HRD harus bekerja ekstra untuk bisa mencari seleksi dan menerima para kandidat  dan pekerja yang benar-benar memiliki kompetensi dan professionalitas dalam bekerja.

Apalagi, untuk menciptakan sumber daya manusia yang professional, salah satu kunci utamanya adalah pada proses rekrutmen ataupun proses seleksi training dan juga development pada pelamar pekerjaan atau kandidat pekerja itu sendiri.

Berikut adalah beberapa kriteria yang dicari HRD untuk dijadikan kandidat kerja.


1. Sesuai dengan kualifikasi yang telah ditentukan.
Sesuai kualifikasi artinya seorang kandidat pekerja sudah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan dari keterangan syarat lowongan kerja yang sudah dibuka atau dicantumkan. Ketika HRD membuka lowongan kerja kriteria tertentu untuk sebuah posisi pastikan bahwa kamu memenuhi akan kriteria tersebut.

Perlu diingat, posisi memiliki tanggung jawabnya masing-masing. Sehingga, penting para recruiter untuk menyesuaikan bidang pekerjaan yang ditawarkan dengan keahlian agar sesuai.

Apabila bidang pekerjaan yang ditawarkan tidak sesuai dengan kualifikasi kompetensi yang Anda miliki, maka Anda perlu mencari info lowongan pekerjaan di tempat lain yang memiliki kualifikasi pekerjaan dan juga kompetensi yang Anda miliki sama.

2. Sesuai budaya perusahaan atau Company.
Sebuah perusahaan memiliki nilai-nilai budaya yang mereka gunakan di dalam lingkup perusahaan itu sendiri. Kebudayaan tersebut tidak bisa kita ubah, melainkan kita hanya bisa menyesuaikan kebudayaan dari perusahaan tersebut.

Sehingga, yang HRD lihat adalah etitut sikap kerja kamu saat memberikan impression selama interview. Dari situ, HRD pun akan mengetahui bagaimana karakteristik Anda dalam menyesuaikan budaya kerja di sebuah perusahaan.

3. Sesuai budget 
Banyak orang terjebak jika HRD menanyakan gaji kepada Anda, sehingga penting untuk memahami akan relevansi kontribusi yang Anda berikan kepada perusahaan sama dengan output yang diterima.

Sehingga, HRD akan mencari kandidat-kandidat pekerja yang kesesuaian antara kontribusi kerja yang diberikan ke perusahaan dengan tawaran gaji yang akan diberikan kepada kandidat pekerja.

Perlu dicatat bahwa pada dasarnya, ketika Anda memiliki kualitas dan etos kerja yang baik kepada perusahaan tersebut, otomatis atasan Anda akan memberikan yang sesuai dengan kontribusi yang Anda berikan. Sehingga, HRD akan memperhatikan kandidat pekerja yang seperti ini .

Kesimpulannya, para kandidat pekerja perlu untuk memahami kriteria yang diinginkan dari HRD agar diterima sebagai calon kandidat kerja yang mereka pilih dan terima perusahaan. Sehingg,a dengan Anda memahami hal tersebut maka akan memperbesar rasio peluang Anda untuk diterima bekerja .

Baca Juga: Bagaimana Cara Membangun Kredibilitas di Lingkungan Kerja?