Peran Utama Pelumasan Oli pada Mesin

Peran Utama Oli pada Medin

Peran Utama Oli pada Medin

Like

Oli mesin mempunyai banyak peran dalam melumasi mesin di saat mesin berjalan baik dari waktu ke waktu.

Berikut adalah hal yang paling:
 

Pelumasan

Peran utama oli mesin adalah untuk melumasi pada bagian-bagian mesin, yang terus-menerus mengalami gesekan antara putaran poros. Dengan demikian, pelumasan oli dapat mengurangi gesekan yang cenderung meningkatkan keausan bagian poros mesin.
 

Pendinginan

Energi mesin yang hilang melalui pembakaran dan gesekan antara bagian mekanis menyebabkan suhu mesin naik. Pelumasan oli di bagian yang disediakan oleh oli mesin tentu untuk membantu melepaskan suhu panas melalui sirkuit pelumasan. 
 

Pembersihan

Meskipun belum diketahui, kekuatan pembersihan oli mesin itu sangat penting. Deposit mikroskopis yang menumpuk di mesin dan tetap berada di suspensi, deposit mikroskopis terdiri dari debu atau sisa pembakaran.

Tanpa oli mesin, resiko akan menyumbat pada mesin dan menurunkan performanya. Aliran oli mesin secara terus-menerus akan membawa kotoran ini ke filter oli, di mana kotoran akan terperangkap di dalamnya.
 

Perlindungan Terhadap Korosi

Pembakaran bahan bakar yang menghasilkan asam korosif dapat merusak bagian logam di mesin. Dengan aditif yang ditambahkan ke oli mesin modern, korosi diperlambat.


Meskipun demikian, seiring waktu, dan dalam kontak dengan oksigen, oli mesin dapat teroksidasi dan tidak lagi memainkan peran penghambat korosi. Itu sebabnya oli mesin harus diganti secara berkala.
 

Penyegelan

Oli mesin juga meningkatkan penyegelan mesin, dan lebih khusus lagi penyegelan piston dan silinder. Lapisan pelindung disimpan di antara berbagai bagian, menutup celah yang mungkin timbul.
 

Kualitas Oli 

Agar oli mesin benar-benar berfungsi dengan baik,  levelnya harus diperiksa secara teratur  untuk mengganti oli pada waktu yang tepat. Oli yang digunakan secara berlebihan tidak lagi memainkan perannya, yang merugikan kondisi umum mesin dan bagian-bagiannya.
 

Apa Manfaat Utama Oli Mesin

Bagi yang memiliki kendaraan, kegunaan oli mesin untuk melindungi bagian poros mesin. Tanpa pelumas, mesin akan cepat rusak parah. Dalam istilah yang ketat, inilah yang ditawarkan oli mesin berkualitas.
 

Memastikan umur mesin lebih lama

Dengan mengurangi gesekan antar bagian dan dengan membersihkan seluruh mesin, oli mesin mencegah mesin dari penyumbatan dan kerusakan.

Suku cadang mekanis bertahan lebih lama dan lebih sedikit menimbulkan korosi. Oleh karena itu, mesin bekerja lebih baik dan umurnya meningkat.
 

Memastikan berjalannya mesin dengan baik

Mesin yang diminyaki berjalan lebih baik. Pelumasan yang baik sebenarnya penting untuk menghindari kerusakan mekanis yang serius. Selain performa mesin, biaya perawatan juga terpengaruh.
 

Mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi CO2

Jika oli mesin digunakan secara berlebihan, atau jika levelnya terlalu rendah, gesekan yang dihasilkan mengubah efisiensi energi mesin, yang pada gilirannya meningkatkan konsumsi bahan bakar. Oli performa tinggi juga mengurangi pembuangan polusi di atmosfer.

 

Pilihlah Merk Oli yang Terbaik

Tidak semua oli mesin sama. Hal ini  penting untuk memilih minyak  yang cocok untuk kendaraan dan lokal kondisi iklim Anda untuk menikmati semua manfaatnya. Ada tiga jenis minyak:
  • Oli mesin mineral
  • Oli mesin semi-sintetis
  • Oli mesin sintetis
Selain jenis oli, ada berbagai parameter seperti viskositas, yang dinyatakan dalam dua nilai yang ditandai pada wadah oli (misalnya "5w30"): kadar saat dingin, dan kadar saat panas. Nilai ini menunjukkan fluiditas minyak menurut suhu (tinggi atau rendah).

Tergantung pada desain mesin, oli harus lebih atau kurang cair atau lebih atau kurang kental. Untuk memilih oli yang tepat, lihat buku pegangan pemilik kendaraan Anda atau dapatkan saran dari seorang profesional.

Referensi : Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia